English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , , » WARUNG EMAK: Khas Jawa Timur dan Betawi di Jl. Pramuka Jakarta

WARUNG EMAK: Khas Jawa Timur dan Betawi di Jl. Pramuka Jakarta

Written By RizalAbubakar Sidik on Selasa, 05 Januari 2010 | 04.05

Sop Ranjau nan Memikat alias Sop Ceker Ala Jawa Timur
Soto Ayam, Soto Daging, Bebek Goreng, Ayam Goreng, Pecel Lele, Gado-Gado, Rujak Cingur, Nasi Uduk, Tahu Tempe


Jakarta, kelanakuliner.com
Warung Emak, dari namanya saja sudah mengundang pengertian warung ini bisa jadi milik orang Betawi atau Jawa (nggak juga seh, bisa jadi dari suku mana aja, nggak jadi ukuran kan?). Tapi melihat menunya yang luar biasa laku, yakni Sop Ranjau alias Sop Ceker. Lalu mengapa namanya jadi Sop Ranjau, padahal isinya adalah potongan ceker yang rasanya lumayan nikmat (maunya sih berselera hotel, harganya kelas motel).


Apa istilah ranjau bisa disambungin dengan ranjau bom yang terkadang selalu dekat dengan kaki? Bisa jadi kali! Kota Surabaya kan dulu terkenal sebagai  Kota Pahlawan dan pada masa perang tahun 45 dulu banyak sekali ranjau yang dipasang tentara Belanda dan Sekutu. Karena ranjau itu sudah banyak memakan korban kaki-kaki, maka bila mereka menyebut ceker (kaki ayam) maka terbayang dengan ranjau? Hehehe kali aja bener asumsi saya ini.


Tapi menurut pengakuan ibu Safuroh, sang pemilik Warung Emak, istilah Ranjau adalah bahasa halusnya orang Jawa Timur untuk menyebut ceker atau kaki ayam. "Itulah sebabnya saya menggunakan istilah Sop Ranjau untuk Sop Ceker saya ini," jelas Safuroh yang akrab dipanggil Emak ini.

Menurut Emak, Sop Cekernya ini porsinya lebih banyak dari kebanyakan sop ceker yang mungkin ada di jabodetabek. Di Jawa Timur sendiri, sop ceker memang tidak terlalu banyak dijumpai. Namun bumbu dan menunya memang asli khas Jawa Timuran, jelasnya kepada kelanakuliner.com


Biar Emak asli keturunan Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, tapi ia juga menyajikan menu khas Betawi seperti Nasi Uduk, Pecel Ayam, Pecel Lele dan Pecel Bebek. Semuanya mempunyai harga yang sangat terjangkau. Biarpun murah tapi para pelanggannya kebanyakan adalah orang yang bermobil, "Bahkan ada beberapa pejabat daerah yang menjadi langganan tetapnya setiap minggu. Termasuk tamu hotel Sentral yang sering dipromosikan oleh pegawai hotel untuk belanja di Warung Emak.


Anda tertarik ingin memesan via telpon masakan khas Sop Ranjaunya yang luar biasa nikmat itu? Hubungi saja telp (021)9314.4307 langsung dengan anaknya, bila ingin menikmati langsung, Anda bisa menuju jalan Pramuka Raya seberang Hotel Sentral tepat di samping Is Plaza, di kawasan Jakarta Timur.

SidikRizal-dobeldobel.com

0 comments:

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger