English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , , » RAJA SOP BETAWI: Unggul dalam Rasa

RAJA SOP BETAWI: Unggul dalam Rasa

Written By RizalAbubakar Sidik on Rabu, 16 Desember 2009 | 07.13

Pertarungan RASA  Sop Iga Sapi VS Sop Kepala Ikan Kakap
Membuka Frenchise Kantin Outlet di Mall


Bekasi Cyber Park, kelanakuliner.com
Bila Anda memasuki Kota Bekasi lewat pintu gerbang utama Pintu Tol Bekasi Barat,  maka keluar dari pintu tol dan mengambil belokan ke kiri maka Anda akan melewati beberapa mall besar. Tepat di perempatan besar jalan utama urat nadi jantung kota Bekasi, yakni persimpangan lintasan Kalimalang, antara Jalan KH. Noer Ali dan Jl. Jend. Ahmad Yani, maka di pojokan sebelah kiri perapatan lampu merah pertama yang Anda temui adalah Bekasi Cyber Park. Sebuah tempat belanja, yang kini mulai memfokuskan diri dengan wisata jajan atau kulinernya dengan konsep cyber park (taman maya, dimana pengunjung bisa berselancar internet secara bebas dan gratis sambil menikmati makan di food court dan beragam gerai outlet resto cafe lainnya di beberapa lantai.


Salah satu tempat favorit banyak pengunjung adalah food court lantai 2, yang mempunyai ruang langsung terbuka dengan perempatan jantungnya ibukota Bekasi. Di sisi bagian dalam, berjejer outlet-outlet yang sebagian besar adalah cabang waralaba. Beberapa di antaranya yang saya kunjungi adalah Raja Sop Betawi, Aneka Nasi Goreng, dan Bintan Resto Soup Seafood (Mini Steam Boat).

Kelanakuliner.com sendiri mencicipi satu paket sop iga dan sop ikan kepala ikan kakap. Keduanya memang disajikan berbeda. Bila sop iga disajikan dalam mangkuk dan sepiring nasi, maka sop kepala ikan kakap disajikan dengan pemanas spiritus, sehingga kondisi sup kepala ikan selalu panas. Yang pertama kali saya cicipi dari sup kepala ikan kakap ini adalah kaldunya. Hmmm, ternyata nikmatnya kombinasi rempah-rempah yang terasa asam, manis, gurih dan asin yang pas. Meski nikmat masih ada satu kekurangan, yakni bau ikannya yang masih tercium kuat. Rupanya, Raja Sop belum mampu menghilangkan bau ikan yang memang tercium anyir dan amis itu. Kombinasi rempah lainnya yang belum saya rasakan adalah jinten hitam atau kayu temoyi dan rempah lainnya yang bisa menghilangkan bau amis dan anyir dari ikan laut. Sedikit campuran buah nanas dan jeruk limau serta lemon saat merendam kepala ikan kakap sepertinya tidak sempat dilakukan oleh sang kokinya. Biar begitu, sup kepala ikan kakap secara keseluruhan bisa dibilang nikmat dan patut untuk disantap oleh Anda. Bila Anda ingin sup kepala ikan kakap yang tidak berbau anyir dan amis, mintalah sang koki untuk menaburkan bubuk jinten hitam ditambah bubuk lada hitam, di samping mampu menghilangkan bau, jinten hitam mampu pula menghilangkan zat karsinogen (racun) dari sajian kepala ikan kakap yang sudah digoreng garing itu. Pasti sajian yang akan Anda nikmati lebih lezat dan wangi. Tak percaya? Kunjungi saja, BCP lantai 2 dan nikmati sup kepala ikan khas ala Raja Sop Betawi, pasti maknyusss!


Di samping sajian unik sop kepala ikan kakap itu, coba pula sop iga sapinya yang disajikan dengan rasa luar biasa nikmat. Seperti yang menjadi pemeonya kelana kuliner bahwa sebuah sajian bukan hanya unggul dalam rasa, tapi unggul pula dalam bentuk dan harus unggul pula dalam tekstur. Semua kombinasi keunggulan yang diharapkan itu harus menyatu dalam sebuah sajian istimewa. Untuk Sup Iga ala Raja Sop Betawi ini, kelanakuliner memberikan nilai 7 untuk skala 0 s/d 10 baik tekstur, rasa dan tampilan. Artinya, nikmat dan memang pantas untuk disantap dengan harga terjangkau. 


Untuk Pemesanan dan Reservasi hubungi (021) – 9315.0260 atau dengan Doni di (021)9934.3023

3 comments:

Sidik Rizal mengatakan...

100 tempat makan di Jakarta
(Bagian 1)
------------------------
1. Gado-gado Bonbin
Jalan Cikini
IV No. 5, Jakpus
Telp 021 3141539
Resep olahan Oma sejak 1960 : irisan lontong, potongan
kol, bayam rebus, tahu, toge serta separuh telur rebus. Lantas disiram dengan
saus kacang yang pekat dan ditaburi emping melinjo serta krupuk udang ukuran
besar.Menu lain, cendol dan asinan betawi.

2. Cilantro Asian
Bistro & Lounge
Level 46, Wisma 46KotaBNI, Jl Jend. Sudirman Kav. 1, Jkt
Telp 021 2512822
Asal tidak takut ketinggian, bisa menyantap tom yam goong sembari dikelilingi suasana Jkt yang terletak 200 meter di bawah.
Nikmati juga menu Thailand poo op modin, serta dim sum di pagi hari atau menu High Tea yang cuma tersedia hari Senin
sampai Jumat, dari pk 14.00 sampai 18.00

3. Sate Maranggi Bu Yayah
Jalan Laboratorium
No. 3, Komp. PLN Duren Tiga, Jaksel
Telp 021 7944104
Menu utama, sate kambing dan sate sapi. Menu lain, oseng daun singkong, macam-macam pepes, sayur asem dan sop daging.Berbeda dengan versi aslinya di Plered, Purwakarta, penyegarnya memakai tomat danirisan bawang. Dagingnya empuk dan harum, saking empuknya seperti daging kambing muda, begitu pula aroma bumbunya juga harum.

4. Ayam Bakar Taliwang Bersaudara
Jl Panglima Polim IV No. 125, Jkt
Telp 021 7252863
Satu porsi ayam bakar taliwang berupa seekor ayam kampung utuh berukuran mini dengan bobot sekitar 300 sampai 400
gram saja, lebih dari itu, ayam akan terasa alot.Meskipun banyak menggunakan cabai, sentilan pedas ayam bakar ini lembut saja
terasa di lidah. Untuk penikmat pedas, ada ayam plecing, yang rasanya lebih pedas.Menu pengiring, plecing kangkung, yang kangkungnya didatangkan dari Lombok, serta menu beberuk terong, yang mirip karedok, juga ada menu sate pusut, sate khas Sasak, berupa campuran kelapa setengah tua dan daging serta dibumbui dengan kemiri,daun jeruk, cabai dan garam.

5.AyamTulangLunak
HayamWuruk
PondokIndahPlaza
I Blok UA No. 39.
Awalnya ada di kedai ayam tulang lunak di Jl Hayam Wuruk, Denpasar.Menu andalan sudah pasti ayam presto, selain ayam ada juga bebek dan bandeng presto. Kalau doyan ayam, pilih aja Ayam Goreng Crispy, Ayam Bakar atau Ayam Goreng Telur Asin. Jangan lupa, habisi pula tulang-tulangnya yang lunak digigit.

6. Bubur Kwang Tung,
Seafood ala Hongkong
Jl Pecenongan
Menu andalan, bubur kepiting. Bumbunya hanya pakai garam dan kecap asin, nggak pake merica dan micin. Ada menu yang
nggak terdaftar, tapi banyak dipesan, yaitu Kepiting Tumis Telur Asing, nah lu, kok bisa banyak yang tahu ya??? Padahal nggak
ada di daftar menu…..

7. Bakmi Mbah Mo
Jl Fatmawati
Merupakan waralaba bakmi jawa Mbah Mo, Bantul, Yogyakarta . Menu andalan, bakmi godog, dengan kuah yang kental dengan
campuran kemirinya sangat terasa,menjadikan kuah terasa lezat dan gurih. Minumnya…. .bisa pilih wedang jahe atau wedang ronde.

Sidik Rizal mengatakan...

8.Warung Ayu
Taman Pura Aditya jaya,
Jl Daksinapati Raya No. 10, Rawamangun, Jaktim
Telp 021 47866963
Mencari masakan khas bali??? Nasi campur bali??? Cobalah sajian Pura Aditya Jaya
Ini. Ada tiga kios yang menjual masakan bali di halaman pura tsb, meski begitu kios milik I Gusti AyuTamanbisa menjadi pilihan.
Jika hari biasa orang datang ke warungnya untuk mencari babi panggang, pada hari Minggu menyediakan babi guling yang
disajikan utuh, kue-kue alaBalidan lawar merah. Menu pilihan lainnya yang bukan babi, adalah serombotan yang mirip
dengan urap, telengis atau pepes blondo, ayam sambal mentah, sayur nangka kuah serta sate lilit ikan.

9.RestoranCavana
PlazaSemanggi
Restoran waralaba berkonsep easy dining dengan menu andalan Classic Wings.
Ayamnya juicy, tidak kering. Menu ayamnya tidak hanya digoreng tapi bisa juga direbus, dipanggang, dengan aneka
pilihan bumbu seperti, bumbu thai, black pepper atau curry sweet and sour.

10. Kedai Tiga Nyonya
TIS Square,JlMTHaryono Kav. 8 Tebet,
Jaksel Telp 021 8308360
Rindu masakan rumahan yang rasanya tidak aneh-aneh??? Coba sambut tawaran menu dari Kedai Tiga Nyonya ini. Menu andalan adalah ikan bakar pecah kulitdengan pendamping kangkung belacan yang nikmat disantap dalam kondisi panas.Menu masakan rumahan yang lain, seperti ngoh hiang, nasi goreng belacan (terasi)atau soka salad mangga sebagai pemancing selera. Minumannya, ada beberapa pilihan seperti es kelapa muda sirsak, es lobi-lobi atau es cingteng yang merupakan paduan kurmaChina, lengkeng lotus ship dan ginkgo dicampur menjadi satu. Untuk dessertnya, boleh dicoba pisang bakar berbalut cokelat dan keju yang crispy atau esdurenmadurodam serta menu es krim jadoel beraneka rasa yang home made. Sambil bersantap nikmati juga koleksi barang antiknya, seperti foto tiga perempuan dalam kebaya China yang menjadi ikon kedai ini, ada juga cermin besar, batu giok sertapernik- pernik dekorasi lainnya.

11. Riung Sari
Jl Juanda, depan Kantor Sekretariat Negara.
Dari namanya, jelas restoran ini menghidangkan masakan Sunda. Dengan konsep front kitchen, menu andalannya adalah ikan
gurame bakar dan goreng, cumi bakar dan ayam bakar cabe hijau dengan sambel khas Riung Sari. Pas beruntung, bisa foto
bareng dengan artis Titi Kamal, si pemilik restoran ini.

12. Konopizza
Mal Kelapa Gading, Lantai Dua
Mau coba makan pizza yang mirip es krim contong???? Mampir aja ke Mal Kelapa Gading lantai dua!
Sepotong pizza tidak lagi disajikan di atas loyang dan harusdisantap sambil duduk
manis di samping meja. Sebaliknya adonan toping pizza ditempatkan di atas kulit roti yang mirip tempat es krim dan sudah bisa siap dengan waktulimamenit. Cocok untuk yang punya mobilitas tinggi.

13. The Affair
Apartemen Permata Hijau, Jakarta
Affair tak selalu berkonotasi negatif, apalagi jika melakukannya di sebuah restoran yang menyediakan koneksi internet gratis. Bahkan bisa bebas melakukan affair sambil menyantap ikan cod yang direndam dengan sake dan saus Jepang. Menu andalan, chillie cheese tomato toast panini, angel hair pasta with chillie, tobico and mirin, garlic potatoes with marjoram serta gindara with sake and soy.

Sidik Rizal mengatakan...

14. Kopitiam
Lobby Tower Azalea, Apartemen Garden Mediterania Residence,
Tanjung Duren
Belum pernah menikmati sarapan dim sum siap saji dengan kemasan praktis????? Kedai kopi Oriental ini tampil beda dibandingkan dengan warung-warung berlabel Kopitiam di Singapura atauMalaysia. Menu dim sum merupakan menu andalan,menu tambahan, bubur telur pitan, nasi tim, hainan chicken rice sebagai menupenyeimbang. Tentu saja, bagi penggemar kopi masih bisa menikmati caffe latte,cappuccino, hot choco danblack coffe.

15. Sop Ikan Resto
Khas Batam Ruko
Jl Boulevard Raya Barat, Kelapa Gading
Restoran dengan gaya interior minimalis modern dan dapur terbuka ini menyajikan deretan menu khas Kepulauan Riau, antara lain, sop ikan, bawal teluk pulai steam atau goreng. Sop ikannya tidak amis, bahkan terasa manis, gurih dan asin, karena aroma rempah seperti jahe, serai dan kedelai yang ditumbuk halus plus ikan yang segar.

16.ThaiVillage,
SharksfinRestaurant
Sona
TopasTower, Lantai 21, Jl Jend. Sudirman Kav. 26
Telp 021 2500388
Penggila sirip ikan hiu pasti puas! Sirip ikan hiunya dihidangkan cukup besar, tidak diiris-iris seperti di restoran lain, disajikan dalam bentuk sop kuah kental, dicampur dengan kepiting, irisan cumi, ayam, kecambah besar serta daun ketumbar sebagai penyedap aroma. Ada dua jenis pilihan sambal, ada yang alaChinayaitu cabe dirajang plus kecap asin atau sambal ala Thai yang berwarna hijau muda dan berasa asem banget.

17.RestoranKyoka
BapindoPlazaLantai 27, Jl Jend. Sudirman
Menu unggulan adalah kaiseki ala raja Jepang tempo doeloe. Sebagai minuman pendamping, bukan sake,
tetapi shochu yang terbuat dari ubi fermentasi. Yang perlu diingat, penikmat hidangan kaiseki, harus meluangkan waktu cukup panjang, karenahidangan fine dining ini memakan waktu hingga empat jam untuk dinikmati. Selain kaiseki, maguro sushi (ikan tuna), toro sushi (ikan toro),CaliforniaRol l (nasi sushi ikan dibungkus rumput laut kering) dan chirasi sushi yang menggunakan ikura ( telur
ikan salmon) menjadi favorit pencicip yang mampir ke restoran ini.

18. Restoran Paparazzi
Plaza Indonesia , Lantai Dasar
Sepintas gaya dan konsep restoran ini, tak jauh beda dengan restoran Paprazzi di Kuta, Bali, yang mengarah pada konsep modernAustralia. Menunya, khas restoran di kawasan Sydney dan Melbourne, seperti risotto, steik dari beef tenderloin, portable mushroom risotto-grana- truffle oil, yakni nasi tim butiran besar khas Italia yang dihiasi dengan lembaran keju, atau mencicipi menu unggulan, parmesan crusted sole (ikan sebelah) yang dihidangkan bersama masakan daun bayam dan saus lemon. Jika doyan makanan pembuka jenis kuah atau krem, bisa pilih lobster isque fresh musselscrusty bread.

19. Restoran Takigawa
Jl Panglima Polim X No 10P, Melawai,
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp 7265010
Penikmat kuliner yang selain ingin menikmati masakan khas Jepang juga ingin menikmati suasana musim gugur di Jepang, boleh mencoba restoran ini. Menu andalannya adalah kamameshi, nasi bakar Jepang yang berkerak. Beras Jepang yang dimasak dengan air kaldu ikan selama 20 menit diberi bubuk cabai kering Jepang, sehingga beraroma dan rasa yang kuat. Nasi dimasak dalam wadah yang terbuat dari aluminium yang dipesan langsung dari Jepang. Tambahan lain dalam kamameshi dapat pula berupa gomoku (salmon, scallop, udang ayam), tori (ayam, telur), takigawa (belut, kepiting, udang, salmon, scallop, ayam) atau unagi (belut).
Menu unggulan lainnya, kushiyaki (sate Jepang) yang proses pembakarannya diberi sake sehingga aroma dan rasanya menjadi gurih. Atau boleh dicoba fhusion sushi roll, nigiri sushi serta sashimi. Jangan lewatkan makanan
pembukanya, wakame salad.

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger