English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , , , , » "Seafood" Muarakarang di Bekasi

"Seafood" Muarakarang di Bekasi

Written By RizalAbubakar Sidik on Jumat, 20 November 2009 | 19.38


KOMPAS.com — Makan seafood di rumah makan bakal lebih asyik jika bisa memilih sendiri ikannya. Bagi Anda yang tinggal di Bekasi, hal itu bisa dilakukan di kompleks Taman Resto yang berlokasi di Rawalumbu. Di tempat itu, suasananya dibuat mirip dengan pasar ikan ala Muarakarang yang ada di Jakarta Utara.

Seperti diketahui, Muarakarang adalah pasar yang menjual aneka ikan segar. Kita bisa memilih sendiri ikan yang diinginkan, dan untuk memasaknya tinggal melangkah ke warung-warung di dekatnya yang menyediakan jasa masak.

Di Taman Resto, meski variasi ikannya cenderung tidak terlalu banyak, konsumen tetap bisa memilih jenis dan ukuran ikan yang ingin dikonsumsi. Tersedia ikan air tawar dan air laut, seperti gurami, kwe, baronang, ayam-ayam, kakap merah, kerapu, udang, cumi, aneka jenis kerang, dan kepiting.

Ikan yang ditawarkan harga per onsnya lumayan terjangkau dan tidak berbeda jauh dengan yang ada di Muarakarang. Harganya Rp 3.600-Rp 6.700 per ons.

Untuk mencicipi nikmatnya olahan masakan, pembeli dikenai harga Rp 9.500 per porsi. Harga ini sudah termasuk lalapan dan sambal. Pilihan olahan masakannya adalah bakar spesial, goreng, saus tiram, saus padang, saus mentega, rica-rica, asam manis, goreng tepung, dan rebus.

Untuk ikan bakar disajikan dengan tiga macam sambal, yaitu sambal kecap, sambal rica-rica, dan sambal terasi. Menurut Ajat Sudrajat, Manajer Restoran, yang menjadi favorit adalah ikan bawal bakar dan gurami yang dimasak saus tiram atau saus padang. Sebelumnya ada juga menu seperti tim ikan dori, tetapi kurang diminati konsumen sehingga menu tersebut akhirnya dihilangkan.

Dalam sehari, ikan segar yang habis terjual di restoran tersebut mencapai 15 kg. Adapun pada akhir pekan bisa mencapai 20-30 kg. Semua ikan itu didatangkan dari Muarakarang. Tidak jarang konsumen yang membeli mentah ikan-ikan tersebut untuk dimasak di rumah.

Bagi yang suka dengan kerang, jangan khawatir dengan bau amisnya karena kerang-kerang tersebut sama sekali tidak berbau saat dimakan. "Karena pada saat perebusan kita tambahkan jahe yang sudah dimemarkan," ungkap Ajat.

Selain ikan, ada tambahan menu lain, seperti tumis kangkung dimasak dengan tauco, tumis daun ginseng, dan cah kailan. Semua dimasak secara mendadak dan masih segar. Sementara menunggu masakan matang, sebagai makanan pembuka, otak-otak bakar bisa menjadi pilihan.

Taman anak dan aerobik
Di kompleks Taman Resto, dari pagi hari hingga malam juga ada RM Sati Bundo yang menyediakan masakan khas padang. Pada malam hari, di Taman Resto dibuka gelaran bangku dan kursi untuk sajian makanan khas pasar ikan Muarakarang.

Selain dengan bangku-bangku, Anda juga bisa menikmatinya di saung yang memang disediakan untuk pelanggan yang ingin agar suasana kekeluargaan lebih terasa. Tersedia pula Taman Bermain Anak yang lumayan besar sehingga anak-anak bisa menikmati suasana bermain yang alami, terbuka, dan menyenangkan.

Ajat menambahkan, jika ada konsumen yang memesan tempat untuk acara keluarga, ulang tahun, arisan dan sebagainya, maka penggunaan semua fasilitas yang ada di restoran tersebut tidak dikenai biaya. "Apalagi pada hari Sabtu-Minggu pagi, di halaman diadakan senam aerobik, setelah itu pesertanya mendapatkan bubur kacang hijau secara gratis," ujarnya.

0 comments:

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger