English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , , » Pempek Pak Raden Bulevar Hijau

Pempek Pak Raden Bulevar Hijau

Written By RizalAbubakar Sidik on Kamis, 13 Januari 2011 | 01.44

Gurihnya Unik Pempek Ikan Gabus + Tenggiri

Pempek Pak Raden Bulevar Hijau KHI
Bekasi - webrizal.com
Tidak selamanya makanan khas tradisional dipertahankan keasliannya. Karena alasan keterbatasan sumber daya alam terkadang memang harus disesuaikan dengan kebiasaan lingkungan tanpa meninggalkan budayanya. Salah satu penyesuaian yang diterima oleh masyarakat banyak adalah budaya kuliner. Sebagai contoh makanan tradisional khas Palembang, Sumatera Selatan yakni pempek.


Konon pempek di tempat asalnya dulu dibuat oleh seorang pedagang Cina yang tinggal di pinggiran sungai Musi, dimana saat itu masih banyak sekali ikan belida yang hidup di sepanjang sungai Musi. Dari ikan belida itulah sang pedagang Cina ini membuat sajian pempek yang di kemudian hari menjadai sangat terkenal di seantero nusantara sebagai makanan khas Palembang.

Lebih Gurih, Lebih Harum, Lebih Murah
Seiring dengan makin meluasnya usaha warung hingga rumah makan yang menyajikan pempek Palembang dan aneka jajanan khas kota Jembatan Ampera ini, maka mempengaruhi populasi ikan belida yang kian berkurang.

Jika belasan tahun silam, ikan belida rata-rata mempunyai ukuran panjang hingga satu meter lebih, kini populasi ikan belida semakin hari semakin mengecil ukurannya. Jadi bukan saja berkurang dalam jumlah juga kualitas ikan belida semakin mengecil dalam ukuran tubuhnya (setidaknya ini yang dirasakan beberapa anak pengusaha pempek terkenal yang mengatakan ikan belida semakin mengecil setiap tahunnya).

Bukan Cuma untuk orang Palembang
Para pengusaha pempek pun mulai beralih ke jenis ikan lain, di antaranya adalah ikan tenggiri dan ikan gabus. Seperti salah satu usaha pempek terkenal dari Palembang, yakni Pempek Pak Raden milik ibu Nurhasanah. Pemilihan bahan baku ikan pada awalnya dialihkan ke ikan gabus yang teksturnya memang lebih halus dan lembut serta lebih putih dari ikan jenis lainnya. Maka selama beberapa tahun Pempek Pak Raden yang kini menyebar di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Bekasi menggunakan ikan gabus sebagai bahan baku pempek mereka.

Pempek khas Ikan Gabus + Tenggiri
Namun ternyata masalah rasa, ikan gabus masih kalah gurih bila dibandingkan dengan pempek yang dibuat dengan ikan tenggiri. Ikan tenggiri memang jauh lebih tajam kegurihannya dan warna dagingnya cenderung lebih merah dibandingkan ikan gabus. Di cabang-cabang Pempek Pak Raden seperti Tebet, Kelapa Gading dan Bulevar Hijau Bekasi, mulai menerapkan penggunaan campuran tenggiri dengan dengan ikan gabus. Hambarnya ikan gabus diperkuat dengan gurihnya ikan tenggiri. Dan warna merah daging ikan tenggiri dinetralisir dengan lembutnya daging ikan gabus. Di samping itu ikan tenggiri yang berbau amis lebih tajam dinetralisir oleh ikan gabus yang memang nyaris tak berbau amis sama sekali.

Mas Fachrul - Pengelola Cabang
Jadi bila Anda mencoba pempek asli Palembang yang dibuat dari ikan tenggiri, memang dia lebih gurih dan crispy (garing) saat digoreng dibandingkan dengan pempek yang dibuat dari ikan gabus. Namun kekurangannya adalah bau pempek ikan tenggiri jauh lebih tajam amisnya. Sedangkan pempek yang hanya dibuat dari ikan gabus, rasanya jauh lebih empuk dan lembut di mulut serta warnanya jauh lebih putih, namun rasa kurang begitu kuat. Otomatis jenis pempek yang dibuat dari jenis kedua ikan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Harga Murah rasa lebih gurih
Pempek Palembang Pak Raden di bilangan Bulevar Hijau Kota Harapan Indah yang dikelola oleh Fachrul dan milik Mbak Ike (putri dari ibu Nurhasanah), melakukan terobosan dengan mengkombinasikan kelebihan kedua jenis ikan dalam pempek buatannya. Otomatis hasilnya adalah pempek yang jauh lebih lezat dan gurih daripada pempek ikan gabus dan jauh lebih harum baunya dari pempek ikan tenggiri. Perbandingan antara ikan tenggiri dengan ikan gabus adalah 1:3. Masalah harga pun disesuaikan dengan lokasi pemasarannya.

Khusus untuk pempek Pak Raden di Bulevar Hijau mempunyai harga lebih murah sedikit jika dibandingkan dengan Pempek Pak Raden di bilangan Kelapa Gading maupun Tebet. Tapi dari kesemua tempat tersebut, justru dari Bulevar Hijau Kota Harapan Indah Bekasi inilah pempek ikan tenggiri ikan gabus dipasok.

Delivery atau Dine In sama enaknya
Mau tahu kelezatan macam bagaimanakah pempek Pak Raden khas Palembang yang dibuat dari ikan tenggiri dan ikan gabus ini? Hmmm...pasti Anda akan ketagihan dengan kelezatan lumayan lembut dan tak berbau amis terlalu tajam dengan kuah asam cuka nan manis dan akrab di lidah kita.

Untuk sajian pempek Pak Raden Bulevar Hijau KHI mendapat skor 8 dari skala 0 - 10 semuanya dalam hal tekstur, wangi dan rasa. Sedangkan masalah harganya kulinerkulner.com menilai termasuk yang paling ramah dompet dibandingkan dengan tempat lainnya di Bekasi.

Sidik Rizal - bukankelanakuliner.com

0 comments:

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger