English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , , , » Resto dan Florist Pondok Citra - Lesehan Jatiasih

Resto dan Florist Pondok Citra - Lesehan Jatiasih

Written By RizalAbubakar Sidik on Sabtu, 04 September 2010 | 00.31

Pecel Kembang Turi Orang Bekasi
Cuma Ada Disini

Pertempuran Merebut Pasar
Kebun Bunga Pondok Citra vs Kolam Ikan Saung Apung


Gerbang Resto & Floris Pondok Citra
Jatiasih Bekasi - www.bukankelanakuliner.com
Mencari makanan khas asli daerah di Kota Bekasi ternyata tak sulit. Sepertinya hampir seluruh makanan di pelosok daerah Nusantara ada di kota Bekasi yang kini semakin hari kian menjadi miniaturnya kota-kota di Indonesia.Taruhlah petualangan kulinerkuliner kali ini di jalur Jatiasih yang memang punya banyak tempat jajanan kuliner aneka khas daerah.


Banner Informasi di Pintu Masuk
Pondok Citra adalah sebuah resto dan florist (kebun bunga) yang mempunyai konsep makanan khas Jawa Timur dengan gaya lesehan. Dan sepertinya memang cuma di tempat ini yang menyajikan pecel Madiun (nggak selalu seh... kadang ada juga yang mencari Pecel Nganjuk) dengan menu asli dari daerah tersebut (ya Nganjuk ya Madiun) dengan menggunakan kembang turi sebagai sajian unggulan.

Mbah Bogel: Maniak Pecel Turi
Buat mereka yang sudah "apal-kecepal" (maniak) dengan pecel kembang turi, pastinya lebih memilih sajian sehat dan anti kolesterol ini dibandingkan aneka pecel lainnya. Rasanya yang lebih lezat dan lebih segar dengan ciri khas kembang turi ini mempunyai aroma makanan yang paling harum dibandingkan makanan sejenisnya seperti sego pecel (dari daerah lain), gado-gado, karedok, atau urap (nggak termasuk ketoprak).

Sego Pecel Turi, Lamtoro Tumpang, Bendoyo, Rawon, Empal Gepuk
Beruntungnya saya bisa bertemu dengan pengelola Resto & Floris Pondok Citra yang akrab dipanggil Mbah Bogel. Lelaki ramah dan murah senyum ini menegaskan bahwa menu unggulan yang sangat diminati oleh pelanggan memang Sego Pecel Turi (Nasi Pecel Kembang Turi). Selain itu lalapan sayur lainnya untuk Nasi Pecel adalah Lamtoro dengan sambel Tumpang (sambel yang terbuat dari tempe) serta Bendoyo.

Satu keistimewaan dari sajian serba sayuran ini adalah diyakini setiap porsi sego pecel kembang turi bisa menyembuhkan penyakit degenartif. Itulah sebabnya banyak para pengunjung yang datang memang berniat ingin menyembuhkan penyakit seperti hipertensi, kolesterol dan tentunya kegemukan (obesitas). Bagaimana Anda punya masalah dengan penyakit-penyakit tersebut?

Bendoyo adalah campuran lalapan dari timun krai yang segar rasanya (bahkan anti kolesterol dan menyehatkan) yang biasanya dimakan bersama pecel atau rujak cingur. Hmmm... terkadang bendoyo timun krai suka dimakan seperti kudapan atau appetizer.

Sepertinya kesegaran dan sehatnya makanan khas Jawa Timur ini tak hanya sampai di makannya saja. Cobalah Anda berkunjung ke Pondok Citra di kawasan Jatiasih ini. Dengan gaya saung (Sunda) dikombinasi rumah Joglo (Jawa Tengah atau Jawa Timur) di tanah seluas nyaris 2000 meter persegi dengan beberapa kebun dan empang ikan maka membuat suasana seperti di perkampungan. Indahnya sore hari hingga malam akan terasa bila Anda datang bersama keluarga.

Saung plus Suara Jangkrik & Kodok
Terkadang terdengar suara jangkrik dan kodok... hehehehe kok sepertinya saya lagi ada nun jauh di sana sebuah pedesaan yang belum teresntuh modernisasi deh. Seandainya nggak ada lampu neon dan bohlam, mungkin nuansa "kampungan" alias "pedesaan"nya akan jauh lebih kuat bila diganti dengan lampu teplok minyak. Tapi biarpun begitu... rasa nyaman nya makan di Pondok Citra yang mampu menampung lebih dari 100 orang ini terasa sekali.

Ada Saung yang Julurkan Lidah?
Tidaklah berlebihan bila Pondok Citra sangat direkomendasi setelah Saung Apung yang pernah kami liput terlebih dahulu. Bila Saung Apung saja yang lebih sulit lokasinya dicari oleh para pelanggannya bisa ramai seperti sekarang ini, maka Pondok Citra yang mempunyai konsep nyaris mirip dengan desain resto dan kebun bunga yang berundak-undak dan temaramnya lampu listrik 5 s/d 15 watt ini pastinya bisa jadi pilihan favorit mereka yang ingin bernostalgia dengan suasana desa atau kampung di masa kecil dan remaja mereka.

Pintu Masuk R&F Pondok Citra
Bukan hal yang sederhana resto sekaligus kebun bunga Pondok Citra ini bisa menghadirkan suasana Asri (pastinya akan lebih menarik lagi kalau Asri si Welas Asih, Host acara TransTV "NGULIK" datang meliput tempat yang sangat menyejukkan hati ini). Mbah Bogel, sang pengelola, menuturkan bahwa usaha resto ini memang sengaja dibuat dengan konsep kebun sayur dan bunga karena ingin menyajikan sesuatu yang baru serta segar langsung kepada para pengunjungnya.

Sajian Heboh & Kontroversial
Kulinerkulner.com memang harus merasakan kelezatan dan kesegaran Sego Pecel Kembang Turi yang bukan saja menyehatkan ini, tapi  juga menjadi gaya hidup orang modern yang mulai melirik ke gaya makan tradisional. Semua makanan sehat ala Pondok Citra ini pun relatif murah meski gak berkesan murahan. Bayangkan saja, Anda sekeluarga bisa memilih aneka makanan sehat tradisional Jawa, langsung bisa dipetik di kebun bunganya. Mana ada resto yang punya konsep seperti ini.

Ada Seafood & Chinesenya juga loh
Untuk memenuhi permintaan pelanggan dari kalangan anak-anak, Mbah Bogel juga menambahkan bahwa Pondok Citra juga menyediakan aneka pilihan makanan lainnya seperti Rawon Ireng, Ayam kalasan dan Bawal Lalapan.

Mbah Bogel bertemu SBY
Untuk menu yang lebih populer, di rumah makan bergaya kebun bunga ini menyediakan aneka makanan laut alias seafood. Cobalah pilihan makanan yang terbuat dari ikan gurame, cumi dan udang. Tinggal pilih bumbunya, mulai dari Asam Manis, Saos Padang hingga Rica-Rica. Tak ketinggalan menu masakan Chinese seperti Capcay, Fuyunghai, Sapo Tahu, Aneka masakan Mie dan Bihun dan tentunya menu "kepepet milih" Nasi Goreng dengan aneka resep.

Sebagai pembuka mintalah minuman segar penghancur kolesterol. Apalagi kalau bukan Teh Kocha. Jangan selah sebut, bisa-bisa Anda yang jadi orang kocak salah nyebut Kocha... Hehehe... Teh asam kecut dan sedikit getirnya teh hijau ini bener-bener menyegarkan tenggorokan dan bisa memicu selera makan Anda. Nggak usah kuatir masalah harganya, kayaknya kalau Anda minta tambah Teh Kocha, gratis kok. Hmmm kesegaran yang membebaskan.. Sudah sehat, gratis pulak!

Nampaknya Resto dan Floris Pondok Citra memang pantas disebut resto keluarga dengan nuansa kesegaran perkebunan di pedesaan yang bukan saja bisa memberikan kenyamanan tempat makan, tapi bisa sebagai tempat rekreasi keluarga yang sarat dengan ilmu pengetahuan perkebunan.

Karena Anda bersama keluarga bisa langsung melihat-lihat aneka bunga dan sayuran yang ada di kebunnya serta bertanya-tanya langsung dengan Mbah Bogel sambil menunggu enu pesanan Anda disajikan. Wah pokoknya sangat menghibur dan edukatif buat anak-anak Anda.
Resto & Florist
PONDOK CITRA
Lesehan
Jl. Raya Sapta Pesona - Parpostel
Jatiluhur, Jatiasih - Bekasi
Telp. (021) 9346.1965
Telp. (021) 9130.3348



DAFTAR MENU
Nasi Pecel
PAKET SPESIAL
- Nasi Putih
- Nasi Pecel
- Nasi Rawon
- Nasi Ayam Kalasan
- Nasi Bawal Lalapan
- Nasi Bebek Goreng
- Nasi Sop Iga
- Nasi Capcay
- Nasi Goreng
- Nasi Goreng Telor
- Nasi Goreng Daging
- Nasi Goreng Seafood

Sego Pecel Kembang Turi
ANEKA CITRA RASA
- Pecel Kembang Turi
- Rawon Ireng
- Tahu Goreng
- Tempe Goreng
- Telor Dadar
- Telor Ceplok
- Telor Asin
- Empal Gepuk
- Ayam Kalasan
- Bebek Goreng
- Sop Iga
- Bakso Kuah
- Fuyunghai
- Sapo Tahu
- Pak Lai Kuah
- Seafood Kuah
- Ayam Jamur Kuah
- Cap Cay Biasa
- Cap Cay Seafood
- Kangkung Cah Polos

SUP LEKKER
- Sup Asparagus Ayam
- Sup Asparagus Udang
- Sup Asparagus Kepiting
- Sup Jagung Ayam
- Sup Jagung Udang
- Sup Jagung Kepiting

KEPITING (CRAB)
- Kepiting Goreng Mentega
- Kepiting Asam Manis
- Kepiting Saus Tiram
- Kepiting Saus Padang
- Kepiting Masak Tauco
- Kepiting Rebus

MIE KYU-KYU
- Mie Goreng Biasa
- Mie Goreng Telor
- Mie Goreng Seafood
- Mie Masak Kuah
- Lo Mie
- Kwetiaw Goreng
- Kwetiaw Siram
- Bihun Goreng Biasa
- Bihun Goreng Telor
- Bihun Goreng Seafood
- Bihun Kuah
- I Fu Mie
- Kwetiaw Seafood
- Kwetiaw Kuah

ANEKA KRUPUK
- Peyek
- Kremes
- Krupuk Plastik (Nah loh... emang ada krupuk dari plastik?)
- Krupuk Kaleng (Nah ini lagi lebih keras pastinya?)

MENU AYAM ABG
- Ayam Goreng Tepung
- Ayam Goreng Mentega
- Ayam Rica-Rica
- Ayam Kuluyuk
- Ayam Nanking
- Ayam Lapis
- Ayam Bistik
- Ayam Masak Kecap
- Ayam Mun Tahu
- Ayam Cah Jagung Muda
- Ayam Cah Jamur
- Ayam Sawi Hijau
- Ayam Cah kangkung
- Ayam Sop Ayam Sayur

MENU SAPI (COW)
- Sapi Goreng Pedas
- Sapi Lada Hitam
- Sapi Bistik
- Sapi Cah Jamur
- Sapi Jagung Muda
- Sapi Cah Kembang Kol
- Sapi Cah Sawi Hijau
- Sapi Cah Kangkung

MENU UDANG (SHRIMP)
- Udang Goreng Tepung
- Udang Asam Manis
- Udang Saos Padang
- Udang Goreng Mentega
- Udang Cah Kembang Kol
- Udang Cah Jagung Muda
- Udang Cah Tomat
- Udang Cah Kangkung

MENU CUMI (SQUID)
- Cumi Goreng Tepung
- Cumi Asam Manis
- Cumi Saos Padang
- Cumi Goreng Mentega
- Cumi Cah Kembang Kol
- Cumi Cah Jagung Muda
- Cumi Cah Jamur
- Cumi Cah Kangkung

MENU IKAN (FISH)
Ikan Gurame :
- Gurame Goreng Kering
- Gurame Goreng Tepung
- Gurame Mentega
- Gurame Bakar Kecap
- Gurame Asam Manis
- Gurame Saos Padang
- Gurame Tahu Sausi
- Gurame Bakar Dabu-Dabu

Ikan Beronang :
- Beronang Goreng Kering
- Beronang Goreng Tepung
- Beronang Mentega
- Beronang Bakar Kecap
- Beronang Asam Manis
- Beronang Saos Padang
- Beronang  Tahu Sausi
- Beronang Bakar Dabu-Dabu

Ikan Kerapu :
- Kerapu Goreng Kering
- Kerapu Goreng Tepung
- Kerapu Mentega
- Kerapu Bakar Kecap
- Kerapu Asam Manis
- Kerapu Saos Padang
- Kerapu  Tahu Sausi
- Kerapu Bakar Dabu-Dabu

Ikan Kakap:
- Kakap Goreng Kering
- Kakap Goreng Tepung
- Kakap Mentega
- Kakap Bakar Kecap
- Kakap Asam Manis
- Kakap Saos Padang
- Kakap  Tahu Sausi
- Kakap Bakar Dabu-Dabu

Ikan Bawal :
- Bawal Goreng Kering
- Bawal Goreng Tepung
- Bawal Mentega
- Bawal Bakar Kecap
- Bawal Asam Manis
- Bawal Saos Padang
- Bawal Tahu Sausi
- Bawal Bakar Dabu-Dabu

ANEKA MINUMAN
- Teh Tawar
- Es Teh Tawar
- Teh Manis
- Es Teh Manis
- Jeruk Anget
- Es jeruk
- Es Kocha
- Soda Ceria
- Kopi Seduh
- Aqua Gelas
- Aqua Botol
- Freshtea
- Sprite
- Fanta
- Coca-Cola
- Soft Drink Plastik
- Soft Drink Kaleng
- Aneka Jus


Berita terkait dengan Pecel Kembang Turi R&F Pondok Citra
GURIHNYA PECEL KEMBANG TURI

Rasa pecel sama saja, tetapi bila pecel dicampur kembang turi rasanya berbeda. Helai kelopak bunga turi terasa renyah, sedikit alot tetapi setelah disiram kuah pecel yang nyemek-nyemek pedas gurih, sensasi di lidah huh... Luar biasa!!

PECEL kembang turi inilah yang menjadi ciri khas sajian pecel di Resto Florist Pondok Citra Lesehan, di Jalan Raya Sapta Pesona, Jatiluhur, Jatiasih, Bekasi. Bila sudah mencicipi pecel kembang turi pokoknya akan teringat-ingat terus.

"Pecel yang kami sajikan memang lain, selain keistimewaan dicampur kembang turi, bumbunya juga langsung didatangkan dari Madiun," ujar Toto Suharto (43), Manajer Pondok Citra Lesehan, saat ditemui Berita Kota, Jumat (29/1).
Di Bekasi, atau mungkin wilayah lain, tambah Toto, belum ada bumbu pecel yang menyamai rasa bumbu pecel asli Madiun. Sudah berulang kali mencari atau mencoba meracik sendiri, tetapi tetap berbeda. "Bumbu asli Madiun antara kacang dan ramuan lain menyatu. Sementara bumbu lain seperti rasa bumbu ketoprak, siomay, gado-gado, atau lotek," jelas pria kelahiran Nganjuk itu.

Bumbu asli Madiun tidak dipasarkan sembarang tempat, harus memesan lebih dulu, baru dikirim atau diambil ke Madiun. Karena keistimewaan inilah pondok lesehan yang berdiri sejak 2007 itu berkembang pesat. Saat ini telah memiliki empat cabang di beberapa wilayah yakni Jatimekar dan Pekayon Bekasi, Srengseng Depok, dan Parung Bogor. Setiap Sabtu dan Minggu ramai pengunjung, mereka harus antre menunggu giliran.

Cara pembuatan pecel kembang turi sebenarnya cukup sederhana. Kembang turi yang berwarna merah digodok, diiris-iris, lalu dicampurkan bersama sayuran lain seperti taoge, bayam, kacang panjang, irisan kecil tempe kering, srundeng, ditambah peyek kacang. Selanjutnya disiram bumbu pecel gurih pedas. Aduk-aduk sampai merata. Pecel kembang turi pun siap disantap. Sluuurrp....!

Penyajian di Pondok Citra Lesehan cukup unik. Memakai piring terbuat dari rotan yang diatasnya dilapisi daun pisang. Ini menambah ciri khas makanan tradisional, maka bagi Anda yang berasal dari wilayah Jawa Timur, khususnya Madiun, sudah dapat mengenang kampung halaman. Urusan harga pun sangat terjangkau. Satu porsi pecel kembang turi hanya Rp 7.000, dan nasi putih Rp 3.000.

Mengeluarkan kocek Rp 10.000 sudah dapat menikmati nasi pecel kembang turi. Selain menawarkan menu andalan pecel kembang turi, menurut Toto, ada menu istimewa lain yakni rawon ireng, sop iga, empal gepuk, ayam kalasan, dan seafood. Untuk minuman, tersedia aneka jus dan minuman khas Pondok Citra Lesehan yaitu es kocha.

Es kocha merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha dan di fermentasi selama 8-12 hari. Kombucha adalah ramuan minuman kuno, berasal dari Asia Timur, dan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Lesehan Konsep rumah makan yang ditawarkan Pondok Citra, Lesehan berupa lesehan ini sangat cocok dengan menu tradisional asli Jawa Timur. Ada dua saung besar yang berdiri di atas kolam ikan.

Setiap saung disekat menjadi petak-petak. Sambil menikmati pecel kembang turi dan menu lainnya, Anda dapat melihat hilir mudiknya ikan-ikan di kolam. Suasana ndeso cukup terasa oleh rindang-nya pohon-pohon di sekeliling pondok. "Kami juga menyediakan beraneka tanaman bunga untuk oleh-oleh pengunjung. Selain menikmati makanan, bagi penggemar bunga dapat membeli di Pondok Citra Lesehan," ujar Toto. Tidak jauh dari saung, tumbuh berjajar pohon turi. Pohon turi itu sebagai bahan pokok untuk disajikan di pondok lesehan. Menurut Toto, di wilayah bekasi sangat susah memperoleh kembang turi. Untuk itu pihaknya menanam langsung. "Kembang turi yang kami sajikan selalu segar, karena langsung dipetik di kebun," ujar Toto.

Keunggulan pohon turi, tambah Toto, tidak mengenal musim. Selalu berbunga. Makin sering kembangnya dipetik, makin banyak. Makanya kami tidak kekurangan. Untuk menjangkau Pondok Citra Lesehan cukup mudah. Bila Anda berasal dari wilayah Jakarta dapat menggunakan tol JORR. Ke luar di pintu tol Jatiasih, Bekasi, lalu menuju ke arah Cikeas/Kota Wisata, Cileungsi, Kabupaten Bogor. Jadi tunggu apalagi.... Nyam...nyam...nyam.

1 comments:

Sidik Rizal mengatakan...

Nasi Pecel Madiun

Untuk menyajikan Nasi pecel ala madiun ini setidaknya ada 4 komponen yang harus diperhatikan.

1. Sambal Pecel.
2. Sayuran : Kangkung, Kubis, Sawi, Kecambah kacang hijau, Daun singkong, Daun pepaya, Kembang turi, Daun kenikir, Duah kecipir.
3. Pelengkap : Srundeng, Sambal Korek/Kering Tempe, Rempeyek atau lempeng, Biji lamtoro dan daun kemangi, bisa juga ditambah mentimun.
4. Lauk Pauk : Tempe goreng, Daging empal, Ayam goreng, Telur goreng, tergantung selera saja.

Resep Sambal Pecel Madiun

Bahan Masakan :
- 300 gram kacang tanah di goreng , tumbuk boleh sampai halus boleh juga tidak.
- 4 buah cabe merah
- 10 cabe rawit
- 5 siung bawang putih
- 3 sendok teh terasi
- 20 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya
- 2 sendok the garam
- 80 gram gula jawa
- 10 gram asam jawa, celupkan dalam gelas tambah 3 sdk makan air matang
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
(Sebaikya tidak pakai kencur karena akan merusak aroma sambal yang kita buat nantinya!!!)

Cara Memasak Sambal Pecel :
1. Panaskan minyak lalu tumis cabe merah, cabe rawit,bawang putih dan terasi sampai terlihat layu.
2. Haluskan bahan tumisan beserta daun jeruk purut, garam dan gula jawa.
3. Masukkan kacang yang telah digoreng tadi. Aduk hingga rata tambahkan air matang dan air asam, aduk hingga rata.

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger