English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , , , » D' Belanga Resto - Tradisional Khas Bekasi

D' Belanga Resto - Tradisional Khas Bekasi

Written By RizalAbubakar Sidik on Selasa, 17 Agustus 2010 | 11.31

Berburu Sensasi Gurih Garing
Nasi D' Belanga vs Nasi Guling Bakar

Nasi d' belanga
Rawapanjang - Bekasi www.kulinerkuliner.com
Bangsa Indonesia adalah termasuk salah satu bangsa Asia yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Di seluruh kawasan Asia, beragam macamnya olahan nasi mulai dari jenis bubur (porridge) hingga nasi putih (steam rice) dan nasi goreng (fried rice).

Bangsa Indonesia yang beragam suku ini pun ternyata juga memiliki aneka makanan pokok selain nasi. Namun untuk makanan pokok berbahan nasi saja ada belasan bahkan mungkin lebih dari 30 cara untung mengolah nasi di seluruh daerah.

Resto yang sajikan olahan nasi unik
Coba saja di daerah Sumatera, Jawa dan Sulawesi termasuk Bali, aneka olahan nasi dan beras ketan (walau beda rasa dan nama, tapi masih dalam satu ordo), mulai dari beras yang dimasak dalam aneka daun hijau. Misalnya Bacang, Lontong, Ketupat, Lepat, Uli, Arem-Arem, Nasi Bakar, Nasi Uduk, Nasi Ulam, Nasi Jambal dan lain-lain.

interior d' belanga the Resto
Untuk masakan nasi goreng atau bubur, wah jangan ditanya deh. Sepertinya setiap daerah punya banyak cara untuk mengolah dengan cara masak ini. Demikian juga dengan aneka masakan yang menggunakan tempat masak unik seperti Nasi Tim, Nasi Timlo, Nasi Timbel, Nasi Kastrol, Nasi Kebuli, Nasi Tumpeng, Nasi Liwet dan banyak lagi lainnya.

Di Bekasi sepertinya ada beberapa tempat yang mulai menyajikan masakan berbahan baku nasi ini, khususnya yang menggunakan daun atau justru tempat masak yang unik lainnya seperti kendil atau belanga yang terbuat dari keramik tanah liat.

Nasi yang dimasak dalam sebuah bejana tanah liat atau lebih akrab dikenal sebagai kendil dan belanga kini hadir di d' Belanga Resto. Sepertinya hanya di tempat ini saja yang menyajikan nasi bakar yang dicampur dari nasi racik (nasi dengan bumbu rempah-rempah khusus) beserta beberapa sayuran dan lauk seperti suwiran daging ayam. Sepintas mirip nasi campur (meski namanya nasi racik bagi sang pemilik) tapi penyajiannya yang istimewa. Semua nasi racik tersebut di sajikan di dalam belanga (kendil tanah merah) yang kemudian dibakar kembali hingga timbul kerak garing yang luar biasa nikmat saat disantap panas-panas.

Justru di sinilah uniknya Nasi d' Belanga yang jauh lebih nikmat disantap saat panas-panas setelah dari pembakaran kompor. Kalau sudah mencicipinya mungkin Anda akan teringat dengan Nasi Hainam (bukan Nasi Vietnam ya! Hihihi)

Selain kelezatan dan gurihnya Nasi d' Belanga Anda juga bisa menikmati Nasi Guling Bakar. Saat kulinerkuliner.com menikmati sebuah Nasi Guling Bakar yang meski sudah dingin, namun setelah saya panaskan dengan Magic Jar, terasa hangatnya jauh lebih suweddap! Apalagi kalau bisa dinikmati langsung dari tungku pembakaran. Mungkin Nasi Guling Bakar pantas direkomendasi buat sajian buka puasa yang lumayan lezat serta menyehatkan dan pastinya mengenyangkan.

Ayam Goreng Kalasan Kremes
Berbuka dengan menu sajian Nasi Guling Bakar ala d' belanga The Resto, bikin saya ketagihan. Kayaknya perlu untuk direkomendasi kepada para pembaca atau juga pemirsa televisi (huwaduh seolah-olah sudah masuk program tivinya Trans aja!)

Tapi sepertinya kurang lengkap kelezatan nasi gurih kalau kita tidak menikmati lauk-pauknya. Pilihan kulinerkuliner.com jatuh pada Ayam Kalasan Kremes yang beda banget dengan ayam bakar dan goreng lainnya yang pernah kami rasakan.

d' Belanga Resto
Ayam Kampung Kalasan Kremes ini memang dalam dua bentuk sajian, baik itu digoreng maupun dibakar. Tapi keduanya mempunyai kelezatan yang khas dan tersendiri sesuai dengan selera siapapun. Bila Ayam Bakar Kalasan Kremes di d' belanga Resto seolah seperti masakan ayam ungkeb kemudian dibakar sehingga rempah bumbunya saja menjadi satu dengan daging ayamnya. Oh iya, perlu ditambahkan bahwa daging ayam yang disajikan adalah ayam kampung. Hmmm nggak usah kuatir buat Anda yang tak suka dengan ayam negeri alias ayam broiler kan?

Terlebih lagi sambalnya yang unik. "Sebenarnya  ini adalah sambal khas ala D'Belanga," papar Ibu Lina. sang pemilik. Sambal khas ala D' Belanga adalah sambel cabe hijau yang menggunakan rebon (udang kering) dan juga bawang putih. Meski tanpa garam, namun gurih dan asinnya pas di lidah kebanyakan orang. Hmmm muantaaabbbbssss!

Kalau mau dibilang ini adalah ayam goreng dan bakar terlezat di kawasan Jalan Cut Meutia Bekasi atau mungkin di seluruh kawasan Rawa Panjang. Ya kami berani bertaruh kayaknya nggak ada ayam bakar maupun ayam goreng selezat ini di seluruh Kelurahan Rawapanjang Bekasi. Coba saja Anda berkunjung dan datang ke tempat ini, sebuah ruko yang lokasinya tepat di satu pojokan perempatan lampu merah Rawapanjang Bekasi.

IDE AWAL DARI KULINER HINGGA KE NEGERI CHINA

Marlina, the owner of d' belanga
Untungnya kulinerkuliner.com bertemu dengan pemilik d'belanga resto, yakni sepasang suami istri, Hartono dan Marlina  Bila sang suami , Hartono hobinya berkelana kuliner dari seluruh tempat makan yang ada di kawasan Jakarta dan Bekasi hingga ke negeri China (mana lebih enak sih nulisnya, China atau Cina?), maka lain halnya dengan sang istri yang sangat hobi memasak. Kebetulan orang tua mereka, sang ibu juga sangat handal dalam hal memasak. Sang ibu yang kelahiran Palembang itu memang sangat ciamik mengolah aneka masakan dengan bumbu yang jauh lebih berani (spicy banget deh Cuy!).

"Kalau di China, saya pernah jumpai Nasi Hainam lokal tersebut yang rasanya terlalu hambar untuk lidah saya sebagai orang Indonesia. Kita kan biasanya suka dengan rasa bumbu-bumbu yang berani dan nendang," ungkap lelaki yang masih aktif bekerja di sebuah perusahaan swasta ini yang diamini oleh istrinya, Bu Lina.

Bu Lina, wanita berkacamata ini juga menambahkan bahwa mereka kini sering sekali medapatkan pesanan nasi kotak dari perusahaan dari kolega dan pelanggan yang pernah menikmati makanan di D' Belanga. Perusahaan yang kini paling sering memesan untuk kegiatan training pegawai adalah PT Kalbe Farma di Cikarang dan PT Astel (Aneka Spring Telekomindo).

Menu Paket Nasi Box D' Belanga
Daftar Menu D' Belanga

- Nasi D' Belanga - Rp 10.000,-
- Nasi Guling Bakar - Rp 7.500,-
- Ayam Kampung Goreng/Bakar Kalasan Kremes - Rp 10.000,-
- Bebek Pedas - Rp 17.500,-
- Sayur Asem - 5.000,-
- Nasi - Rp 3.500,-
- Nasi Racik - Rp 4.500,-

Paket A - Rp 17.500,-
(Nasi Racik, Ayam kalasan, Sayur Asem, Lalapan, Sambal kalasan, Es Teh)

Paket B - Rp 20.000,-
(Nasi D'Belanga, Ayam Kalasan, Lalapan, Sambal Kalasan, Es Teh)

- Aneka minuman botol
- Aneka jus buah
- Teh manis dan Teh tawar panas dan dingin


sidik rizal - www.bukankelanakuliner.com

3 comments:

Rebecca Saw mengatakan...

I had the honour of stapling the Nasi Tumpang at both outlets recently. For now, these two cafes could possible be the only ones in the Klang Valley to offer this Kelantanese delicacy.

As history goes, Nasi Tumpang was meant to be a meal for the farmers who sets out daily very early to the fields. Most times, they do not come home till late. The wife (or whoever) would pack the rice together with leftovers of dishes (you can imagine how poor & how hard life was for them) & wrap it up in this shape. I seriously doubt it was so cone-y sharp back then but I would say the shape was more or less was tall & triangular. *Hhmmmm…this calls for a trip to Kelantan….verification required…. ;-) *

Anyhow, Kelantan’s history often involves the sea, the boats and fishing. Kelantan’s valleys is a fertile rice-bowl. Hence it’s no surprise that the main staple food is fish and rice. And Nasi Tumpang is a multi-tiered meal of alternating rice, fish floss (serunding), fish curry and egg. (source: Belanga’s founder, Pn. Zainab Shiyuti is a Kelantanese by origin).

Here at the Warung, my Nasi Tumpang was delicious. Simple. Very simple. But satisfying nonetheless. It could be that I’m a crab fan & I love my ‘chap fun’. At it’s very core, Nasi Tumpang is rice and dishes but presented in an intriguing manner, ie wrapped into a tall, sharp cone shape.

Hartono mengatakan...

Nasi d'Belanga ini adalah salah satu menu yang hanya ada di D'Belanga Resto. Bisa dikatakan makanan khas Bekasi yang hanya bisa ditemukan di Bekasi saja

D Belanga mengatakan...

Sebuah resto dengan konsep Indonesian Cuisine alias masakan Indonesia pada tanggal 05-05-10 ( nomor cantik xixixixi..... )

Menu favorit nya adalah hm...hm...apa ya...kayaknya semua banyak disuka dech jadi bingung...

Yang pasti, D'Belanga Resto tuch menyediakan menu-menu yg dapat dilihat digambar ini, harganya murah meriah euy.. dan rasanya maknyosss...
Nasi D'Belanga
Nasi Guling Bakar
Ayam Goreng Kalasan Kremes
Bebek Pedas

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger