English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , , , , , , » BIV Resto Jatimekar Jatiasih Bekasi

BIV Resto Jatimekar Jatiasih Bekasi

Written By RizalAbubakar Sidik on Senin, 16 Agustus 2010 | 05.37

Manisnya Ayam Bakar Ternate
vs Lezatnya Daging Garo Sate


Saat Grand Launching BIV Resto
Jatimekar Jatiasih Bekasi - www.wisatakulinerbekasi.blogspot.com
Belum ada sebulan semenjak tulisan ini dibuat BIV Resto diresmikan. Namun karena grup usaha BIV yang sudah mempunyai pelanggan dari kalangan tertentu ini, maka BIV Resto sepertinya tak akan sepi dari pelanggan.


Belum lagi konsepnya adalah menu sajian nasional dengan harga terjangkau. Padahal penampilan desain interior resto ini terbilang lumayan mewah. Wajar saja ada production house yang hendak membuat resto di lantai dua ini sebagai lokasi syuting sinetron remaja "Kepompong". Entah kapan tepatnya saat syutingnya.

Semenjak diresmikan sebulan yang lalu, pada bulan puasa ini, BIV Resto (baca: "Bi Ai Vi Resto") memberikan ta'jilan gratis untuk berbuka buat setiap pengunjungnya. Setelah menikmati ta'jil gratis, maka pengunjung akan dimanjakan dengan suasana cozy interior resto yang punya dua lantai ini.
 
Televisi layar lebar di lantai dua serta fasilitas free WIFi ditambah ada warnet di lantai satunya. Bila di lantai dua ada 8 meja di lantai dasar maka di lantai 1-nya setidaknya ada 8 meja dengan masing-masing 4 kursi. Desain kotak-kotak papan catur serta kerlap-kerlip lampu laser membuat mini resto ini lebih bergaya kafe gaul.

Ayam Bakar Ternate
Namun lebih unik daripada itu adalah sajiannya. Pernahkah Anda mencoba Ayam Bakar Ternate? Pastinya Anda yang bukan orang Ternate atau belum pernah ke Ternate tak akan pernah mencobanya. Tapi bagaimana dengan orang Ternate sendiri? Saya coba cari dengan browsing di internet, ternyata Ayam Bakar Ternate belum ada sama sekali. Lalu ada apa dengan Ayam Bakar Ternate?

Nama Ayam Bakar Ternate mungkin diambil karena hitamnya ayam bakar yang lebih terasa manis ini dibandingkan dengan ayam bakar biasanya. Mengapa bukan Ayam Bakar Hitam Ambon Manise ya?
Yang jelas, sang koki khusus yang memang didatangkan dari Manado, Ibu Yeti sengaja menyajikan Ayam Bakar berpenampilan gelap ini sebagai salah satu menu unggulan di BIV Resto. Lebih dari itu ada menu daging Garo atau Sate ala Manado. Menurut wanita kelahiran Manado, 28 Juli 1951 ini, menu ini sengaja dibuat karena belum adanya sajian khas ala Manado di sekitar wilayah Jatiasih. "Menu ini termasuk favorit saya," papar wanita berjilbab ini. "Dan gak perlu kuatir kehalalannya. Saya kan muslim, jadi dagingnya yang pasti adalah sapi atau kambing. Pasti halal kan?" jelasnya beretorik saat ditanya tentang bahan daging yang dipakai.

Daging Garo Sate ala Manado
Bila rasa ayam bakar Ternate yang lebih cenderung manis dengan nuansa tauco di dagingnya, maka Garo Sate Manado ini rasanya seperti Rendang Daging ala Padang. Hanya saja sajiannya seperti sate kambing tanpa tusuk bambunya. Dan bumbu kacangnya begitu hancur sehingga terasa seperti rendang. Manis dan gurih. Hmmmm ini baru namanya sate daging kambing terunik yang pernah kulinerkuliner.com coba.

Di samping menu Garo Daging (atau Daging Garo Sate???) ada menu minuman unik ala BIV Resto. Yakni Special Juice ala BIV yang kayaknya pas banget buat buka puasa. Bukan saja segar tapi sensasi manisnya begitu melangit... (wah gimana rasanya tuh melangit? Serasa melayang ke langit?)

Jus spesial ala BIV ini terbuat dari daging kelapa muda yang diblender halus kemudian ditambah dengan potongan dadu pacar cina, ditambah potongan dadu roti dan potongan dadu tape singkong. Hmmm... bener-bener muantaabbbbsss Cuy!

Tapi selain itu coba deh Tom and Jerry Juice. Jus yang terbuat dari buah tomat, jeruk dan strawberry ini akan memberikan sensasi manisnya campuran buah yang beda daripada biasanya. Sayang kulinerkuliner belum sempat mencoba, tapi sudah kebayang seh gimana nikmat dan segarnya jus itu dalam bayangan... (kasihan banget ya..  cuma bisa mengkhayal!)

Ada juga menu unggulan dari nasi dengan nama unik. Yakni Nasi Keraton. "Kalau di daerah aslinya di Jogjakarta, namanya ya Nasi Istana," papar Benny tentang sejarah asal-usul menu sajiannya itu.

MENU ALA DUA KOKI ANDALAN

Bubur Manado BIV Resto
BIV Resto ternyata mempunyai dua orang koki andalan. Untuk masakan khas Indonesia timurnya dipercayakan kepada Ibu Yeti, maka untuk sajian pulau Jawa dipercayakan kepada mas Teguh.

Ya lelaki kelahiran Pekalongan 2 Februari 1988 ini didapuk oleh sang pemilik BIV Resto karena keahliannya memasak aneka sop, soto dan nasi goreng. Seperti yang dituturkan oleh pemilik BIV Resto, Benny Setiawan, bahwa seluruh usahanya sengaja dibuka dan dikelola langsung oleh orang kepercayaannya. Salah satunya mas Teguh. Sebagai seorang koki masakan khas Jawa, dia dipercaya untuk membeli sendiri bahan baku menu masakannya, dan menyajikannya kepada para pengunjung.

"Apabila ada masalah dan mereka butuh masukan agar ada peningkatan usaha, saya tak segan-segan memperingati mereka agar begini dan begitu," ungkap Benny saat dia memberikan pengarahan kepada anak buahnya agar ada perubahan dan perbaikan dari usaha yang sedang dijalankan.

Kakap Garo Rica-Rica
BIV Resto sendiri termasuk salah satu usaha di bawah manajemen BIV-Grup. Ada 2 tempat fitness BIV Gym, 1 toko boneka dan aksesoris BEV Collection. Di samping itu ada warnet BIV.Net dan Studio Musik BIV Studio dan sebuah toko outlet busana muslimah.

"Saya juga memilik dua buah peternakan sapi," ungkap Benny kepada kulinerkuliner.com "Satu untuk pemerahan susu (dairy milk) di kawasan Sukabumi dan satu lagi untuk sapi pedaging," pungkasnya. Untuk sapi pedagingnya ada di kawasan Lembang, dan akhir tahun 2010 ini dirinya mengaku akan panen ternak sapi pedagingnya pada saat Lebaran Haji mendatang.

Sop Kacang Merah (Brenagon)
Pantas saja bila usaha restonya didukung penuh peternakan sapi. Sehingga ada sajian susu murni sebagai salah satu minuman favorit resto yang berkonsep minimali modern dan gaul ini.

Jika Anda tertarik untuk mengkonsumsi susu sapi segar yang menyehatkan dan nikmatnya sajian aneka sop maupun nasi goreng silakan berkunjung ke BIV Resto. Tak usah kuatir selera Anda tak terpenuhi, karena aneka jenis menu ada di cafe resto ini.

DAFTAR MENU
ANEKA SOTO
- Soto Kudus (sapi) - Rp 6.000,-
- Soto Kudus (ayam) - Rp 6.000,-
- Soto Kudus (babat) - Rp 6.000,-
- Soto Betawi (daging) - Rp 10.000,-
- Soto Betawi (ayam) - Rp 10.000,-
- Soto Betawi (babat) - Rp 10.000,-
- Soto Lamongan - Rp 10.000,-
- Soto Surabaya - Rp 10.000,-
- Soto Padang - Rp 10.000,-
- Soto Bandung - Rp 10.000,-

Sop Kacang Merah
ANEKA SOP
- Sop Buntut - Rp 18.000,-
- Sop Iga - Rp 16.000,-
- Sop Daging - Rp 15.000,-
- Sop Buntut Goreng/Bakar - Rp 20.000,-
- Sop Buntut Goreng/Bakar - Rp 18.000,-
- Sop Kambing - Rp 15.000,-
- Sop Ayam - Rp 12.000,-
- Sop Kacang Merah (Brenagon)- Rp 12.000,-

NASI PUTIH
- Nasi Putih - Rp 2.500,-
- Nasi Timbel - Rp 14,000,-
- Nasi Timbel Komplit - Rp 18.000,-
- Nasi Keraton - Rp 18.000,-
- Nasi Goreng - Rp 10.000,-
- Nasi Goreng Spesial - Rp 12.000,-
- Nasi Goreng Kambing - Rp 12.000,-
- Nasi Goreng Teri Medan - Rp 11.000,-
- Nasi Goreng Kampung - Rp 10.000,-
- Nasi Uduk - Rp 3.000,-

Bubur Manado - BIV Resto
ANEKA BUBUR
- Bubur Ayam - Rp 5.000,-
- Bubur Ayam Spesial - Rp 7.000,-
- Bubur Manado - Rp 7.000,-

ANEKA PROTEIN
- Ayam Goreng - Rp 8.000,-
- Ayam Bakar - Rp 9.000,-
- Ayam Bakar Ternate - Rp 9.000,-
- Daging Garo Sate - Rp 10.000,-
- Empal Gepuk / Goreng - Rp 8.500,-
- Kakap Garo Rica - Rp 9.000,-
- Lele Goreng - Rp 7.000,-
- Tahu / Tempe Goreng - Rp 1.000,-

TONGSENG / GULAI
- Tongseng Kambing - Rp 15.000,-
- Tongseng Sapi - Rp 15.000,-
- Tongseng Ayam - Rp 13.000,-
- Gulai Kambing - Rp 13.000,-
- Gulai Sapi - Rp 13.000,-
- Gulai Ayam - Rp 12.000,-

ANEKA MIE
- Mie Goreng - Rp 7.000,-
- Mie Goreng Spesial - Rp 10.000,-
- Mie Tek-Tek - Rp 10.000,-
- Mie Rebus - Rp 10.000,-
- Mie Rebus Spesial - Rp 12.000,-
- Kwetiau Goreng - Rp 10.000,-

ROTI BAKAR
- Coklat - Rp 4.000,-
- Kacang - Rp 4.000,-
- Nanas - Rp 4.000,-
- Srikaya - Rp 4.000,-
- Strawberry - Rp 4.000,-
- Keju - Rp 7.000,-
- Kornet - Rp 7.000,-
- Keju Coklat - Rp 8.000,-
- Pisang Keju - Rp 8.000,-

MINUMAN PANAS
- Susu Murni - Rp 3.500,-
- Kopi Hitam ala BIV - Rp 5.000,-
- Kopi Susu - Rp 5.000,-
- Cappucino - Rp 5.000,-
- Nescafe - Rp 4.000,-
- Coffee Mix - Rp 4.000,-
- Teh Manis - 2.000,-
- Sekoteng - Rp 4.000,-
- Ronde Bandung - Rp 6.000,-

SOFTDRINK DINGIN

- Teh Botol - Rp 2.500,-
- Aqua Botol - Rp 2.000,-
- Coca Cola - Rp 3.000,-
- Fanta - Rp 3.000,-
- Sprite - Rp 3.000,-
- Es Teh - Rp 1.000,-
- Es Teh Manis - Rp 2.500,-
- Es Jeruk - Rp 5.000,-
- Lemon Tea - Rp 5.000,-
- Es Teler - Rp 7.000,-

ANEKA JUS
- Alpukat - Rp 5.000,-
- Mangga - Rp 5.000,-
- Sirsak - Rp 5.000,-
- Jeruk - Rp 5.000,-
- Strawberry - Rp 5.000,-
- Melon - Rp 5.000,-
- Apel - Rp 5.000,-
- Tomat - Rp 5.000,-

1 comments:

Eks / Odi detikfood.com mengatakan...

Jakarta - Hidangan dari tanah Manado ini cocok untuk mengawali minggu ini. Rasanya yang pedas bisa bikin mata merem melek bikin semangat hari ini! Coba juga garo bunga papaya dan ikan woku sebagai temannya. Hmm.. makan siang jadi makain sedap!

Sulawesi Utara memang cukup terkenal dengan citarasa masakannya yang pedas menggigit. Meskipun begitu tak sedikit orang yang kepincut dengan jenis masakan super pedas ini. Kalau Anda sedang tidak bersemangat siang ini, masakan Manado ini pasti bisa memompa semangat Anda kembali!

Salah satunya adalah ayam bumbu rica-rica. Potongan daging ayam yang dimasak dengan beragam bumbu ini memiliki ciri khas yang unik. Warnanya merah menyala karena di dominasi oleh cabai merah, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan daun kemangi, dan juga tomat. Tak hanya pedas yangmenodminasi tapi juga aromanya harum bahkan bisa menggelitik hidung dan membuat liur menetes tak tahan untuk segera mencobanya.

Rasa ayam rica ini jugaterbilang unik, karena tidak hanya di dominasi rasa pedas yang menggigit tapi juga ada semburat rasa asam yang lamat-lamat karena campuran tomat yang dihaluskan bersama denganbumbu lainnya. Tapi kalau yang tidak suka dengan rasa pedas, sebaiknya sedikit berhati-hati dengan menu yang satu ini.

Pelengkap yang tak boleh dilupakan saat bersantap ini adalah garo bunga papaya yang sedikit pahit dan pedas dan juga sambal dabu-dabu lilang yang berupa irisan tomat muda, bawang merah, dan cabai rawit dan gohu (ara pepaa muda). Nah, kalau sudah tak sabar untuk menyantap ayam bumbu rica ini, mungkin salah satu resto di bawah ini bisa Anda kunjungi.

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger