KEDAI 88: Pempek Palembang Termurah di Bekasi dan Tetap Disuka

Bakmi Bangka, Pempek Palembang dan Seafood Pertama
Yang Menyambut Anda di Pintu Gerbang Stasiun KA Bekasi


Stasiun KA Bekasi, kelanakuliner.com
Keluar dari Stasiun KA Bekasi, kemudian menuju ke arah pintu keluar selatan menuju ke pusat kota Bekasi, maka di jajaran pintu gerbang dekat badan stasiun kita akan jumpai makanan penyambut para penumpang kereta api sekaligus para pengunjung yang datang dari luar kota. Sesuai dengan rencana kelanakuliner untuk menjelajahi Kota Bekasi dengan berjalan kaki dimulai dari pintu gerbang stasiun kereta api pusat kota, maka yang pertama kali saya cari dan kunjungi adalah tempat jajanan kuliner. Sebagai pilihan maka jatuh kepada Kedai "88". (dalam adat Cina, angka 8 menunjukkan hokki, mungkin 88 bermakna dobel hokki).


Sesuai dengan janji kelanakuliner akhirnya disambut ramah oleh sang pemilik, Heri, yang akrab dipanggil Koko Heri. Lelaki kelahiran Palembang asli 7 Maret 1983 ini memang sejak kecil sudah diperkenalkan dengan dunia dagang oleh orang tuanya. Lelaki yang hobi fitnes ini menuturkan bahwa usahanya dimulai dari modal 40 ribu rupiah pada tahun 1999 dengan sebuah gerobak di pojok Proyek Jalan Djuanda Kota Bekasi. Bermodalkan keahlian keluarganya membuat pempek asli dari daerah kelahirannya dimana baik gula aren dan bahan baku sagunya khusus didatangkan dari Palembang. Demikian pula dengan bakmi dan masakan seafood yang diolahnya, Ko Heri mencoba menyajikan semua masakannya dengan bahan terjamin dan berkualitas, di samping itu dia juga memperhatikan kondisi halalnya yang kini dia jamin 100%. Setelah berjalan beberapa tahun, mulai dari sebuah gerobak pempek dan bakmi Bangka, kini Kedai "88" mulai berkembang dan produksi semakin meningkat. Bayangkan saja sedikitnya 10 kg pempek dalam sehari habis terjual, dan kini sudah bertambah menjadi 3 cabang. Cabang Kedai "88" yang dikelola dirinya berlokasi di pintu gerbang Stasiun KA Bekasi, kemudian Cabang ke 2 di Karang Kitri, jalan Burangrang No. 214 dan cang pokoknya yang masih berdiri hingga kini, gerobak kedai "88" di Proyek bekasi, jalan Djuanda.


Peningkatan omzet yang bertahun-tahun ini adalah hasil kerja kerasnya dan ketekunan keluarga besarnya, heri sendiri kini telah meiliki 10 orang karyawan khusus yang membantunya di cabang stasiun KA Bekasi. Karyawannya yang tampak rata-rata berusia belasan tahun ini memang diambil dari lingkungan tempat usahanya. Kedai "88" cabang Stasiun KA Bekasi ini memang menyajikan sajian Pempek Palembang dari ikan tenggiri, dengan produk unggulan Pempek Kapal Selam (pempek isi telor), Lenjer Kecil, Pempek Kulit (tenggiri) dan Adaan. Ko Heri mengungkapkan bahwa untuk pempek yang disajikannya sementara waktu ini adalah yang paling murah dibandingkan makanan sejenis di seluruh wilayah Bekasi, namun suasana dan kualitasnya tak kalah dibandingkan dengan sajian sejenis di tempat lain. Ramainya orang yang lalau lalang di stasiun KA Bekasi tak mengurangi sedikitpun selera para pelanggan untuk mampir berkunjung dan menikmati masakannya di Kedai 88. Bahkan sering sekali, beberapa orang kantoran (yang biasanya menggunakan Kereta Api Expres AC Bekasi), mengadakan acara ulang tahun kilat dengan makan-makan di kedainya yang mampu menampung setidaknya 40 kursi ini. "Saat itu ada orang kantoran yang berulang tahun dan makan di sini dengan Ikan Gurame Asam Manis serta menu lainnya untuk beberapa porsi, dan ia tak banyak mengeluarkan uang suma sekitar 150 ribuan saja!" paparnya.

Mengetahui bahwa banyak pelanggannya di cabang Stasiun KA Bekasi adalah orang kantoran, maka dapat dipastikan bahwa peak (puncak) ramai kunjungan pelanggannya biasanya dari hari Senin sampai dengan Jum'at terutama pada jam sarapan pagi, makan siang dan jam pulang kantor. Sedangkan cabang Kayuringin jalan Burangrang, biasanya puncak keramaian justru pada hari Jum'at, Sabtu dan Minggu, termasuk cabang yang ada di Proyek Bekasi.

Anda mau tahu keunikan sajian di kedai "88"? Semua pempeknya dibuat tanpa menggunakan zat pengawet dan zat pewarna. Ikan tenggirinya dikikis kulitnya dan diambil dagingnya kemudian dicampur langsung dengan sagu.Untuk kulitnya tersendiri dibuat menjadi pempek kulit tenggiri, yang warnanya agak sedikit hitam. Namun masalah rasa tak kalah lezat dibandingkan dnegan jebis pempek lainnya. Sedangkan cukonya  (kuah cuka manis) asli dibuat dari gula aren (gula merah) khas Palembang. Inilah yang menyebabkan pempek Kedai "88" selalu habis diserbu pelanggannya setiap hari, jadi dia tak perlu menyimpannya lebih dari sehari di freezer atau chiller (kulkas/lemari pendingin).

Untuk minuman unggulan, seperti biasanya warung makan khas daerah Palembang, maka Es kacang Merah merupakan minuman segar dingin khas Wong Kito Galo ini. Es Kacang Merah yang manis dan girhnya kacang merah ini pasti pas buat mendorong segala menu masakan khas seafood ala Chinese yang biasanya tersaji panas-panas. Khusus untuk Es kacang Merah, maka sebaiknya Anda memesan via telepon atau datang sebelum jam makan siang, karena biasanya minuman khas ini sudah habis diserbu pelanggan sebelum jam 12.00 wib. Gimana? Luar biasa kan?

Biarpun pempeknya yang jadi fokus tulisan kelanakuliner, Ko Heri menegaskan kepada kelanakulienr bahwa sajian lainnya seperti Bakmi Bangka dan Seafoodnya juga termasuk yang disukai para pelanggannya. Saat mereka ingin makanan sedap sekejap dan mengenyangkan, maka biasanya menu seafood yang jadi pilihan. "Tapi kalau ditanya berapa besarnya omzet pemasukan dari jenis makanan yang mana, saya kira fifty-fifty lah". ujarnya diplomatis sambil berpromosi. Namun saat ditanya berapa omzet mana yang terbesar dari seluruh cabang, dia menjawab, "yah untuk cabang sini (Stasiun KA Bekasi) dan Kayuringin sebelas duabelas lah!" Wah artinya omzet setiap cabangnya sama-sama sebesar 2 hingga 3 juta per harinya. Sungguh sebuah omzet yang lumayan besar untuk kedai yang berukuran tak lebih dari 3x5 meter persegi itu (belum termasuk ruang dapur).

Kelanakuliner mencoba sajian pempek Kedai "88", dan kami disajikan Pempek Kapal Selam, Lenjer Kecil serta Pempek Kulit dan Adaan. Wow, baik anak saya Lulu maupun keponakan saya Fathimah sangat menyukainya saat saya bawa pulang buat food tester.(Fair gak seh kalau menggunakan anak kecil sebagai pekerja pencicip makanan?) Sistem layanan makan dine in  (makan di tempat) dan take away (bawa pulang) atau delivery (pesan antar). Kedai "88" buka dari jam 10.00 s/d 21.00 wib. dan masalah kapasitas kendaraan, pelanggan tak perlu kuatir, karena Stasiun KA Bekasi ini mampu menampung puluhan mobil dan ratusan sepeda motor di lahan parkirnya yang luas. Jelas peluang target pasar yang besar bukan?

Bila Anda ingin mencoba Pempek Kulit Kedai "88" yang unik dan lezat silakan kunjungi Stasiun KA Bekasi, dan keluar dari pintu selatan menuju tengah kota Bekasi, maka di jejeran kedai stasiun akan Anda jumpai Kedai "88" atau bisa juga Anda menghubungi nomor telepon berikut ini (021) 8895.9024 HP 0815.941.2487 atau (021) 7002.3336 kontak langsung dengan Ko Heri untuk reservasi atau pengiriman.


MENU UTAMA KEDAI "88"
NASI
Nasi Putih
Nasi GR Ayam
Nasi GR Spesial
Nasi GR Seafood
Nasi GR Pete
Nasi GR Ikan Asin
Nasi Capcay
UDANG
Udang GR Tepung
Udang GR Mentega
Udang Saos Padang
Udang Saos Tiram
Udang Saos Kuluyuk
Udang Lada Hitam
Udang Cah Jagung
MIE
Mie GR Ayam
Mie GR PelangiMie GR Seafood
Mie Masak Ayam
Mie Masak Seafood
AYAM
Ayam GR Kering
Ayam GR Mentega
Ayam Rica-rica
Ayam Cah kecap
Ayam Nangking
Ayam Kuluyuk
Ayam Cah Jagung
Bistik Ayam
BIHUN
Bihun GR Ayam
Bihun GR Seafood
Bihun Masak Ayam
Bihun Masak Seafood
KWETIAW
Kwetiaw GR Ayam
Kwetiaw GR Seafood
Kwetiaw Masak Seafood
Kwetiaw Siram Ayam
Kwetiaw Masak Ayam
Kwetiaw Siram Seafood
CAPCAY
Capcay GR Ayam
Capcay GR Seafood
Capcay Kuah Seafood
Capcay Polos
Tauge Cah Ikan Asin
Kangkung Cah Polos
Kangkung Cah Tauco
Kangkung Cah Terasi
Kangkung Cah Ayam
Kangkung Cah Seafood
GURAME
Gurame GR Kering
Gurame Asam Manis
Gurame Saos Padang
Gurame Bakar ala Shantung
Gurame Saos Tiram
Gurame Tahu Tausi
CUMI
Cumi GR Tepung
Cumi GR Mentega
Cumi Saos Padang
Cumi Saos Tiram
Cumi Kuluyuk
Cumi Cah Jagung Muda
LAIN-LAIN
Puyung Hay
Ifu Mie Seafood
Ifu Mie Ayam
Mun Tahu
Sapo Tahu
Angsio Tahu
Soup Ayam
Soup Asparagus Kepiting
Soup Asparagus Ayam
Soup Jagung Kepiting
Soup Jagung Ayam
Lumpia Udang
Lumpia Ayam
SAPI
Sapi Lada Hitam
Bistik Sapi
Kwetiaw GR Sapi
Kwetiaw Siram Sapi
Kwetiaw Kuah Sapi
Nasi GR Sapi
Nasi GR Gila
Nasi GR Komplit
Bakmi Kuah Sapi
Bihun GR Sapi
Bihun Kuah Sapi
KERANG
Kerang Saos Tiram
Kerang Saos Padang
Kerang Masak Tauco
MIE AYAM
Mia Ayam Polos
Mie Ayam Bakso
Mie Ayam Pangsit
Mie Ayam Bakso Pangsit
PEMPEK
Pempek Kapal Selam
Pempek Lenjer Kecil
Pempek Ada'an
Pempek Kulit
Tekwan
ANEKA MINUMAN RINGAN/SOFT DRINK
Es Kacang Merah - Rp.5.000,-
Cocacola / Sprite / Fanta - Rp.2.500,-
Aqua / Teh Tawar - Rp. 500,-
Aqua Botol Rp.2.000,-
Tehbotol / TeKita / TEBS / Fruitea - Rp.2.500,-
Es Teh Manis/Panas - Rp.2.000,-
Es Teh Tawar Rp.1.000,-
Es Jeruk - Rp. 4.000,-
Es Campur - Rp. 5.000,-
Aneka Jus Buah - Rp. 5.000,-

1 Komentar

Silakan Anda memberi komentar sebebasnya sepanjang tidak menyangkut masalah SARA dan pornografi serta kekerasan. Harap menggunakan kata-kata yang bijak dan efektif serta bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama