English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , » Warung Jawa Timur: Ayam Krengseng Sari Kurma

Warung Jawa Timur: Ayam Krengseng Sari Kurma

Written By RizalAbubakar Sidik on Minggu, 29 November 2009 | 11.36

Ayam Kecap Jawa Timur Bumbu Sari Kurma


Bekasi, kelanakuliner.com
Menelusuri jalur Jalan Raya Harapan Baru I menuju perumahan Harapan Baru Regency, kita akan melalui sebuah jalan Kemiri Raya di perumahan Harapan Baru I tepat depan SMP N 13 Medan Satria. Kira-kira 15 meter dari jalan raya Harapan Baru depan SMP negeri itu, maka kita akan bisa menemui sebuah rumah makan yang menjual sajian unik dari daging ayam. Sajian ayam Krengseng Sari Kurma ini memang sedikit aneh kedengarannya. Sajian yang cukup populer di Jawa Timur dengan nama Ayam Kecap khas Malang atau Ayam Krengseng ini diolah dengan tambahan Sari Kurma yang memperkaya citarasa dan khasiatnya buat kesehatan siapapun yang menkomsumsinya.


Bahkan informasi terakhir yang saya dapatkan adalah bahwa setiap masakannya yang berasa manis, pasti kandungan gulanya yang biasanya takarannya penuh, kini setengahnya diganti dengan Sari Kurma. Hal ini dilakukan oleh sang pemilik, Ibu Siti atas saran suaminya, pak Badri demi  nutrisi sajian yang mereka jual dan juga kesehatan para pelanggannya. Rupanya pelanggann pun merespon baik inovasi menu sehat setiap masakan manis olahan Warung Makan Jawa Timur ini.




Dengan adanya tambahan kurma di samping kecap Banggo sebagai bumbu utamanya, maka sensasi rasa manisnya lebih mantap dan lain daripada Ayam Krengseng yang biasanya ditemui di Jawa Timur. Di samping itu, khasiat dari Ayam Kecap khas Jawa Timur berbumbu Sari Kurma ini lebih banyak daripada olahan masakan ayam pada umumnya.

Setelah bertemu dengan sang pemilik, Ibu Siti Maesaroh yang kerap dipanggil Mama (si) Kembar ini menjelaskan, bahwa dalam sajian ayamnya sendiri yang berbumbu kecap sudah demikian dikenal dan juga telah diterima oleh lingkungan perumahan warga. Kalau sebelumnya ibu empat anak ini telah membuka usaha warung selama lebih dari 25 tahun, dimana ia bermain dari beragam jenis usaha mulai dari catering, nasi lauk rantangan dan nasi box, hingga kini.

Wanita kelahiran 40 tahun lalu ini juga menyatakan, bahwa warung makan Jawa Timur yang dikelolanya ini memang 5 tahun sebelumnya hanya menyajikan masakan khas Jawa Timur, itupun karena warungnya berlokasi tepat di pinggir jalan protokol. Tapi kini setelah menetap di komplek perumahan dengan mengontrak dari seorang kolega suaminya yang bekerja sebagai maintenance salah satu pabrik di dekat rumahnya ini, bu Siti lebih memilihi menu sajian rumahan dengan masakan tradisional yang diminati oleh para tetangganya, tanpa mengkhususkan pada menu daerah Jawa Timur. Namun begitu Siti, yang mempunyai 2 anak perempuan kembar ini, mengandalkan beberapa sajian unggulan, terutama sekali adalah Ayam Krengseng Sari Kurma, Ikan Tuna Bumbu Asam Padeh, Ayam Asam Padeh dimana dia lebih suka menyebutnya dengan Ayam Bumbu Rujak dan Ikan Tuna (atau Tongkol) Bumbu Rujak.

Untuk sajian khas Warung Makan Sederhana Jawa Timur Mama si Kembar ini, Ayam Krengseng Sari Kurma, saya mencobanya dan saya merasakan bumbunya begitu mirip dengan bumbu rendang Padang. Hanya saja dagingnya bukan daging sapi, tapi ayam. Masalah rasa kurmanya yang begitu kuat, saya sarankan Anda untuk mencobanya, apalagi khasiatnya yang mampu menyembuhkan beragam penyakit dan menurunkan tekanan darah tinggi. Belum lagi saya ditawari minum Teh Manis Sari Kurma, dan kebetulan sekali saya sedang sakit kepala karena kehujanan saat sebelum berkunjung ke warung makan sederhana yang mojok di jalan Kemiri Raya. Tak berlebihan bila saya menilai masakan ibu Siti memang bisa dijadikan sebagai makanan yang bukan saja menyehatkan tapi sekaligus menyembuhkan. Tidak berlebihan sepertinya, apalagi kalau Anda sudah mencobanya pasti setuju dengan pendapat saya. Sayang ada satu kekurangan dari warung makan ini, karena lokasinya berada di tengah komplek perumahan dan bukan di pinggir jalan, jadi kapasitas pengunjung paling banyak hanya sanggup menampung tak lebih dari 10 tamu. Namun begitu tampaknya pengunjung dari ibu-ibu rumah tangga atau para tetangganya menjadi pelanggan tetap warung makan Jawa Timur ini. Sementara tamu yang berkunjung makan kebanyakan adalah mitra kerja dari sang suami atau pemilik rumah. Sepertinya warung makan ini memang cukup enak untuk dijadikan tempat ketemu kolega walau dalam skala kecil dan pastinya nyaman makan siang atau malam di tempat kecil ini.

Menu Ayam Krengseng Sari Kurma atau Ayam Kecap khas Jawa Timur ini pun tidak terlalu mahal, cukup  seporsinya Rp. 9.000,- dan Anda bisa menikmatinya dengan setangkup nasi. Alangkah nikmatnya bila bisa juga dinikmati dengan teh hangat manis sari kurma. Sepertinya semua sajian di warung makan sederhana ini selalu disertai sari kurma. Tak heran, karena ibu Siti yang bersuamikan Badri (42) ini memang menjual jamu herbal khas dari Timur Tengah, Sari Kurma ini dengan merk Al-Jazeerah. Dijamin Anda setelah menikmati sajian bertaburan sari kurma, akan berkeringat dan segala hawa panas serta toksin keluar bersamaan dengan keringat deras yang keluar. Bukan saja manis nikmat kurmanya, tapi segar dan menyembuhkan. Berminat?

Bila Anda tertarik menikmati sajian khas Mama si Kembar di Warung Makan Jawa Timur ini, silakan hubungi langsung Ibu Siti di no telp (021) 261.961.50 atau langsung mengunjungi alamatnya di Jalan Kemiri Raya I. Perumahan Harapan Baru I Medan Satria (tepat 15 meter depan SMP Negeri 13).

Lalu menu apa saja yang biasa disajikan di Warung Makan Jawa Timur? Di samping adamenu unik harian yang selalu bergaanti-ganti setiap hari, Anda bisa datang untuk makan atau beli dibawa pulang menu umum yang biasanya disajikan seperti:
- Bandeng Presto (bisa antar pesan minimal 5 ptg @ Rp.9.000)
- Tuna Asam Pedas (bisa antar pesan minimal 5 ptg @ Rp.9.000)
- Ikan Salem Goreng
- Lele Goreng

- Sayur Nangka Sari Kurma
- Opor Tahu
- Urap Pecel
- Sambel Tumpang
- Tumis-tumisan (+ SariKurma)

- Ayam Krengseng Sari Kurma (antar pesan minimal 5 porsi@ Rp.9.000)
- Ayam Ungkeb
- Ayam Opor
- Ayam Bumbu Rujak Sari Kurma (antar pesan minimal 5 porsi@ Rp.9.000)

- Sate Ati Ampela

- Sayur Nangka Sari Kurma
- Sayur Sop
- Sayur Bening
- Sayur Asem
- Sop Daging & Rawon Sari Kurma (khusus antar pesan minimal 10 porsi)

- Perkedel Kentang
- Bakwan Jagung
- Tempe & Tahu Goreng

- Nasi Bungkus (minimal pesan antar 10 bungkus, di atas 50 order minimal 2 hr sebelumnya)

- Nasi Box (minimal pesan antar 10 bungkus, di atas 50 order minimal 2 hr sebelumnya)
- Tumpeng Syukuran (antar pesan khusus Jabodetabek)

Sidik Rizal-dobeldobel.com


7 comments:

Harun Yahya mengatakan...

Manfaat Kurma buat Kesehatan

"Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir." (ar-Ra'd [13]: 4)

Kurma, buah-buahan yang disebut dalam surah Maryam, pohonnya tumbuh di padang gersang bersuhu panas dan banyak manfaatnya. Allah mengindentifikasikan khasiat penyembuhan dari buah ini dengan menceritakan pada Maryam, yang sedang menghadapi persalinan, supaya makan daging buah kurma,

"Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: 'Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah...." (Maryam [19]: 24-26)

Allah mempunyai maksud tertentu dengan menyeru kita untuk memperhatikan kurma. Dengan meneliti isi kandungan buah ini akan membuat kita lebih paham tentang maksud Ilahi itu. Kurma, dengan kandungan 50% gula, sungguh sangat bergizi karena daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna.30 Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan. Sudah pasti tiap persalinan selalu mengeluarkan banyak darah, yang dengan sendirinya jumlah gula darah yang tertumpah karenanya cukup banyak. Karena gula yang lenyap itu harus diganti, keterlibatan kurma, seperti pada persalinan Maryam, nyata benar manfaatnya sebagai tambahan. Kurma juga mengurangi tekanan darah. Meskipun daging sangat besar manfaatnya, tapi tidaklah sebanding dengan lebih besarnya manfaat kurma segar dalam segala hal. Mengonsumsi terlalu banyak daging, yang tak terbantahkan mengandung banyak protein, tidaklah mustahil pada saat yang sama dapat mengakibatkan keracunan. Jadi, makanan-makanan ringan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, yang tentu saja mudah dicerna, hendaknya lebih menjadi pilihan.

(bagian 1 dari 2 bagian)

Harun Yahya mengatakan...

Manfaat Kurma buat Kesehatan
(bagian 2 dari 2 bagian)

Dalam cahaya ayat tadi, kita melihat kurma, khususnya, sungguh bermanfaat bagi wanita hamil dan ibu-ibu yang menyusui secara alami. Daging buah kurma meningkatkan kesehatan janin di dalam perut ibu, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu bergizi tinggi. 31

Di saat yang sama, kurma segar memberikan manfaat besar kepada otak. Kurma, dengan kandungan 2.2% protein, juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2. Protein-protein ini melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, menunjang sel-sel tubuh memperbaharui diri, dan menyeimbangkan cairan-cairan tubuh. Vitamin A meningkatkan kemampuan pandangan mata dan kekuatan badan, juga kekuatan tulang dan gigi. Vitamin B1 memfasilitasi jaringan saraf berfungsi sehat sempurna, menunjang tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi, mengatur selera makan dan pencernaan, serta memberdayakan metabolisme berasal dari protein dan lemak. Vitamin B2 memfasilitasi pembakaran protein-protein yang disebutkan tadi, karbohidrat, dan lemak yang diperlukan untuk penyedian energ dan pembaharuan sel.

Di samping semua ini, kurma juga mengandung banyak mineral yang esensial bagi tubuh (seperti potassium, sodium, kalsium, besi, mangan, dan tembaga). Bila potassium dan sodium bekerja bersamaan, mereka bertindak selaku pengatur ritme detak jantung. Dengan menfasillitasi pengalihan oksigen ke otak, potassium dapat memberdayakan pikiran jernih. Lebih jauh lagi, ia menyediakan kandungan alkali secukupnya pda cairan tubuh, merangsang ginjal mengeluarkan sampah-sampah racun metabolis, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan menunjang pembentukan kulit sehat. 32

Menarik juga untuk dicatat, bahwa daging buah kurma secara khusus bermanfaat bagi mereka yang hidup dalam kawasan di mana kebun-kebun pepohonan ini tumbuh merata. Protein dan gula dari buah kurma merupakan sumber gizi yang paling utama bagi penduduk gurun pasir.

Kumpulan Tips Pilihan mengatakan...

Menurut ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Hardiansyah MS sebagaimana dijelaskan di Kompas.com, ada banyak manfaat / khasiat buah kurma untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

1. Kurma kaya akan kandungan kalium. Zat ini mampu menekan natrium (garam) berlebih yang biasa dialami penderita hipertensi. Penderita hipertensi harus banyak mengonsumsi kalium, karena di dalam tubuhnya banyak terdapat natrium.

Untuk mencukupi kalium dalam sehari, kita cukup mengonsumsi kurma sebanyak 5 buah saja. Dengan makan sebanyak itu, selain kebutuhan kalium terpenuhi juga dapat mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja otot.

2. Berdasarkan suatu penelitian, di dalam kurma terdapat sejenis hormon yang bernama oksitasin. Ada beberapa manfaat dari oksitasin ini, yakni membantu memperlancar persalinan, meningkatkan produksi air susu ibu, dan meningkatkan kemampuan seksual baik untuk perempuan maupun laki-laki.

3. Zat potusin yang sangat membantu dalam menyembuhkan luka ternyata juga ada di dalam kurma. Hal ini menarik karena terkait dengan penyembuhan luka pada perempuan yang baru saja melahirkan. Semakin cepat sang istri pulih pasti akan membuat suami bahagia,

4. Kurma juga bisa mengobati mereka yang sakit anemia dan demam berdarah. Anemia adalah keadaan di mana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Kurma dapat membantu menambah hemoglobin sampai ke angka normal.

5. Untuk penderita demam berdarah, yang mengalami penurunan jumlah trombosit atau keping darah, juga bisa dibantu mengembalikan kondisinya dengan mengonsumsi buah ini.

Untuk meningkatkan hemoglobin dan trombosit, buah kurma lebih baik dikonsumsi dalam bentuk jus. Buah kurma seberat 500 gram dijus dengan 1 liter air. Diminum satu gelas tiap satu atau dua jam sekali, tergantung tingkat kebutuhannya. Dosis semakin diturunkan jika kondisi membaik,

6. Terakhir, buah ajaib ini juga mengandung zat sililiat, zat yang biasa ada dalam aspirin. Hal inilah yang membuat orang yang mengonsumsi kurma terbantu dalam meningkatkan kerja otak. Selain itu juga bisa membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

(adit/genie/via) mengatakan...

Kurma untuk Kesehatan

Bahan-bahan alami yang telah disediakan di alam memang memiliki manfaat bagi tubuh. Begitu pula dengan kurma. Buah yang satu ini juga memiliki khasiat yang dirasa cukup ampuh untuk membuat tubuh menjadi sehat dan juga mengatasi permasalahan yang sering timbul dalam dunia kesehatan.

Kandungan kalium kurma yang tinggi, menurut Prof Ali sangat menguntungkan jantung dan pembuluh darah. Denyut nadi menjadi semakin teratur dan otot-otot menjadi kontraksi sehingga membantu menstabilkan tekanan darah. Hanya saja, kadar kalium yang tinggi tidak diimbangi dengan kadar garam yang tinggi (natrium). “Sehingga bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) saya kira tidak cocok untuk mengkonsumsi kurma, apalagi jika mengkonsumsinya secara berlebih,” katanya. Beliau juga menambahkan kalau kalim itu juga mampu membuat kita terhindar dari kaku otot.

Potasium yang tinggi juga ada dalam kurma. Sekedar pengingat saja kalau potasium mempunyai manfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi bagi mereka yang bertekanan darah tinggi, membersihkan karbon dioksida dalama darah serta memicu kerja otot dan simpul saraf.

Zat tannin yang tinggi pada kurma dapat digunakan sebagai anti diare. Kurma juga dapatdigunakan sebagai obat flu, radang tenggorokan, mengatasi mabuk serta meningkatkan trombosit dalam darah bagi mereka yang terkena demam berdarah. Caranya yaitu dengan memblender 500 gram kurma yang telah dibuang kulitnya, kemudian campur dengan lima gelas air putih sampai halus. Hasil dari blenderan tersebut diminum sebanyak satu gelas tiap satu jam selama sehari.

Mereka yang terkena sakit kepala juga dapat terobati dengan mengkonsumsi buah kurma. Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata dalam kurma terdapat zat salisilat (suatu zat yang lazim dipakai sebagai bahan baku obat sakit kepala, penghilang rasa skit hingga demam). Tetapi kurma sebaiknya tidak dimakan oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Bukannya membaik, kurma akan membuat kadar gula penderita diabetes yang sudah cukup tinggi menjadi lebih tinggi. “Saya juga tidak menyarankan itu,” ujar Prof Ali.

(adit/genie/via) mengatakan...

Kurma dan Bulan Puasa

Memakan kurma saat berbuka adalah sesuatu yang nikmat. Rasa manis kurma mampu menggantikan tenaga yang hilang saat matahari bepijar. Tetapi yang akan dimakan itu jumlahnya jangana terlalu banyak karena akan membuat kita cepat kenyang.”Dalam agama disarankan untuk mengkonsumsi lima buah kurma dan saya kira itu cukup,” ungkap Prof Ali.

Beliau menyarankan jumlah yang tidak banyak tersebut karena apabila kita mengkonsumsinya terlalu banyak, akan menyusahkan kita saat melakukan ibadah. Selain itu, rasa kenyang yang timbul akan membuat kita tidak angin mengkonsumsi makanan lainnya (seperti empat sehat lima sempurna) yang justru kita butuhkan sebagai pengganti ion-ion tubuh yang hilang.

Dalam beberapa literature, masih terjadi perdebatan mengenai perlu atau tidaknya kurma dikonsumsi saat sahur. Sebagian mengatakan perlu karena kandungan serat yang tinggi dalam kurma memang diperlukan saat siang menjelang. Sedangkan mereka yang beragumen tidak perlu, seperti Prof Ali mengatakan kalau serat dalam kurma membuat perut cepat sekali kenyang. Akibatnya mereka yang akan berpuasa tidak ada cadangan tenaga untuk berpuasa pada siang harinya.

Prof Ali mengatakan...

Bulan puasa adalah bulan yang penuh barokah. Segala kehangatan dan kesejukan terasa di bulan ini pula sebagian besar orang mengkonsumsi buah kurma sebagai penghilang rasa lapar selepas seharian berpuasa. Tetapi di balik rasanya yang manis itu, tersimpan berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Lantas apa sajakah manfaat kurma untuk kesehatan?

Puasa identik dengan kurma, itu kata sebagaian orang yang menyadari betapa seringnya mereka melihat orang berjualan kurma di bulan Ramadhan dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Mereka menganggap dengan kurma secukupnya, dapat menghilangkan rasa lapar sementara sebelum melakukan ibadah lanjutan lainnya.

Kurma yang mempunyai nama latin phoenix dactilifera sudah dikenal sejak zaman paleolitik. Kurma merupakan sejenis tanaman palma yang banyak ditanam di daerah jazirah Arab dan sebagian orang menganggap kurma hanya hidup di padang pasir. Namun di daerah lain yang memiliki tinggal kekeringan cukup tinggi, kurma dapat pula hidup. Kini, buah yang rasanya manis itu menjadi komoditas pertanian andalan yang laku keras untuk dijual oleh bangsaa Arab, Afrika dan bahkan China.

Menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS, kurma memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh. “Setidaknya gula (glukosa) menjadi komponen utama dengan komposisi yang mencapai 50 persen dari seluruh kandungan buahnya,” katanya. Guru besar IPB ini juga mengatakan, kandungannya lebih besar dibandingkan buah-buahan lainnya yang hanya mencapai 20-30 persen saja.

Pada kurma yang masih lembek (matang di pohon dan belum dijemur) kandungan gulanya sekitar 60 persen. Sedangkan kurma yang telah dikeringkan kandungannya cukup tinggi, sekitar 70 persen. Kandungan gula dalam kurma memiliki daya serap yang buruk, sekitar 45-50 menit sehingga waktu untuk pengolahan menjadi nutrisi yang disalurkan ke dalam darah menjadi lumayan lama.

Buah padang pasir ini juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi, vitamin B berada dalam buah kurma. Riboflavin dan niasin misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Thiamin pentingn bagi sel-sel saraf, semeentara niasin menjaga fungsi normal saraf.

Mineral juga sangat banyak ditemukan dalam kurma. Magnesium dan kalium setidaknya berada dalam jumlah yang cukup bisa diandalkan untuk membantu kinerja tubuh menjadi lebih baik. “Banyak juga terkandung serat-serat seperti layaknya buah yang lainnya,” tutur Prof Ali. Menurut beliau, serat tersebut dapat membuat pencernaan menjadi baik. Kandungan kurma membuat usus menjasi lunak dan mengaktifkannya sehingga secara alamiah seseorang secara mudah dapat buang air besar.

Sidik Rizal mengatakan...

AYAM KECAP MENTEGA
Bahan:
500 gr ayam, bersihkan & potong2 (me: pake sayap & paha atas)
3 sdt air jeruk nipis
1 sdt garam /secukupnya
½ sdt merica bubuk
Minyak sayur secukupnya
2-3 sdm margarin
3 siung bawang putih, geprak & cincang
½ butir bawang bombay ukuran medium, iris kasar
5 tangkai daun bawang, potong2 5 cm
2 sdt air jeruk limau /secukupnya
Saus, aduk jadi satu:
150 ml air matang
1 sdm kecap inggris
1 sdm Sari Kurma
3 sdm kecap manis /secukupnya
2 sdt kecap asin
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya (seperlunya, soalnya ayam, kecap asin & margarinnya udah asin duluan)

Cara:
Aduk ayam bersama air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Diamkan 15 – 30 di kulkas, lalu goreng hingga matang ato kering kalo suka.
Panasin 2 sdm minyak sayur, tumis bawang putih sampe wangi dan kuning.
Tuangi campuran saus, tambahkan bawang bombay dan didihkan. Masukin ayam goreng, kecilkan api dan masak sampe kuah menyusut dan meresap.
Masukin margarin dan daun bawang, matikan api. Aduk2 sampai margarin leleh dan tercampur rata.
Sajikan segera dengan percikan air jeruk limau.

Note:
Bawang bombay sengaja ngga ditumis bareng bawang putih biar penampilannya ngga letoy.
Margarin sengaja dimasukin belakangan agar ngga kliat terlalu berminyak, sekaligus memperkuat rasa khas margarin pada saus.
Ayam goreng bisa dibikin bebrapa hari sebelumnya (kalo pas senggang), simpen di friser. Bisa dipake untuk aneka sajian dengan cepat.

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger