English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , » Bakmi Djogja LESTARI RAHAYU Kemang Pratama Bekasi

Bakmi Djogja LESTARI RAHAYU Kemang Pratama Bekasi

Written By RizalAbubakar Sidik on Sabtu, 19 September 2009 | 19.24

BERUSAHA JADI SEMPURNA
Seperti Hanoman Ingin Jadi Manusia Seutuhnya
Bakmi Jogja, Bakmie Jogja, Bakmie Djogja, Bakmi Djogja, Bakmi Yogya, Bakmie Yogya, Wedangan

Bekasi, kelanakuliner.com
Perumahan Kemang Pratama memang hanya jejeran rukonya saja yang umumnya jadi tempat usaha pertokoan ataupun tempat makan. Namun di sebuah pojokan rumah di daerah Kemang Pratama kira-kira hanya 100 meter dari bunderan pertama setelah pintu gerbang Kemang Pratama, maka di sebelah kanan kita Bakmi Djogja, Pastel Bunda, Siomay, Jus Buah serta Tahu Sumedang, kayak Mini Pujasera, aja!

Khusus untuk Bakmi Djogja, Anda akan mendapatkan sajian khusus yang lain daripada biasanya masakan bakmi. Bakmi Djogja yang dimasak secara khusus untuk setiap pemesan. Walaupun sajian dibuat khusus untuk setiap pelanggan, namun karena sudah lama dan sangat berpengalaman, Mas Yoto, sang juru masak Bakmi Djogja, akan menyajikan bakmi yang pas dengan selera Anda baik itu Bakmi Goreng maupun Bakmi Godhog. Bakmi Godhog sendiri sebenarnya adalah bakmi rebus atau bakmi kuah pada umumnya, namun dengan ciri khas ala Djogjakarta dimana setiap masakan disajikan dan diolah dengan takaran bumbu yang sangat terlatih, sehingga saat kita melihat proses pembuatannya seolah sang juru masak seperti menggunakan insting atau naluri terlatih kira-kira.

Eit... tapi jangan salah, justru rasa yang dihasilkan oleh masakan sang koki tradisional Yogyakarta ini akan sama dan serupa (ya iya lah!) dari satu porsi ke porsi lainnya. Ini menunjukkan keahlian dan pengalaman yang cukup lama si juru masak berusian 32 tahun lalu ini.

Mas Yoto, lelaki kelahiran Pamian,  sendiri sebenarnya adalah karyawan yang diambil oleh sang bos langsung dari Jogyakarta dan didapuk untuk bekerja di Kemang Pratama Bekasi. Dengan pengalaman mas Yoto sebagai pedagang bakmi di Jogya itulah yang membuat seorang pelanggan tertarik untuk mengajak kerjasama buka warung bakmi khas Jogya di daerah lain.  Pelanggannya yang bernama R.Ony Ispriyanto, lelaki asli  Jogya  yang hobinya makan bakmi khas Jogya ini lah yang mengajaknya hijrah dan membuka usaha di luar Jogya.

Berdasarkan penuturan Mas Ony, panggilan akrab lelaki kelahiran  Jogyakarta, 15 Desember, 43 tahun lalu ini kepada kelanakuliner.com, bahwa dari sang ayah lah yang begitu menyukai makanan bakmi ini dengan menyarankan untuk membawa dagangan ini keluar Jogja  agar selalu bisa dinikmati kapanpun mereka mau. Kalau melihat cara bicaranya, tampak sekali keluarga mas Ony yang berpenampilan aristokratik  ini memang keluarga penggemar makanan khas Jogja dan dari setiap kisahnya, kelanakuliner mengambil kesimpulan bahwa mereka juga dari kalangan keraton Jogja.

Betapa tidak, semua desain interior warung Bakmi Djogja Kemang ini dibuat sedemikian rupa penuh dengan simbol-simbol keraton Jogja, bahkan katanya kepada saya, "Warna hijau bergaris kuning ini sendiri merupakan sandi buat kekhasan keraton yang tidak banyak diketahui umum. Warna khas ini disebutnya Gadung Melati. Artinya yang mengerti itu biasanya mereka yang memang tinggal di sekitar keraton Jogyakarta. Dari kisahnya tersebut menarik minat saya meneliti lebih jauh filosofi Jawa ini, khususnya keraton Jogja. Jadi mau wawancara ketemu Sultan.

Kembali ke pokok masalah warung Bakmi Jogja bilangan Kemang Pratama Bekasi ini terbilang cukup asri dan sederhana. Sekitar 5 meja dan masing-masing 4 kursi dengan lantai yang dibiarkan tak diubin mewah. "Justru untuk menimbulkan suasana dan kesan kesederhanaan dan tradisional Jogyanya," ujar mas Ony sang pemilik berfilosofi."Interior design yang banyak dihiasi lukisan wayang, seperti Hanoman, si kera putih dan wayang empat perempuan. Keduanya memiliki simbol, seperti empat tokoh wayang perempuan  berjejer yang berarti perempuan sebagai simbol kelembutan dalam melayani para pelanggan kami. Sementara empat wanita berjejer yang menyimbolkan saling dukung dan kerjasama antara satu sama lain dari setiap orang dalam usaha warung Bakmi Djogja ini," paparnya sambil menikmati bakmi goreng kegemarannya ditemani lauk ikan teri dan kacang goreng (biasa disebut Kering Teri). Mengomentari lauk Teri Goreng Kacangnya itu, mas Ony sempat berseloroh, "Kalau mau tahu pekerjaan saya, ya ini Mas, 'ternak teri'" dan belum sempat saya mengerti maksudnya, ia menjelaskan, "Ternak Teri" itu nganter anak, nganter istri, Hah? Saya pun  tersenyum geli mendengarnya bermain kata-kata..


Warung yang menempati rumah pribadi keluarga sang pemilik usaha ini mampu menampung 20-an orang pengunjung duduk dan 100 orang berdiri. Setiap malam-malam minggu atau liburan tertentu, Bakmi Djogja Kemang Pratama ini ramai dikunjungi pelanggannya. Buat para pelanggannya yang sudah merasakan nikmat dan lezatnya olahan mie khas Jogja ini, sepertinya tak akan lari ke lain hati tempat. Di samping ciri khas lezatnya yang langsung bisa dinikmati panas-panas di tempat itu, namun banyak juga pelanggan yang memesan untuk dibawa pulang dan dinikmati bersama keluarga mereka. Ternyata masakan bakmi Djogja ini walaupun dibungkus untuk dibawa pulang, namun tidak mempengaruhi rasa, bahkan ada pelanggan yang mengatakan, justru bila dinikmati di rumah dalam keadaan tidak terlalu panas, jauh lebih terasa nikmatnya. Hueleh! Saya sendiri lebih senang bila menikmati masakan bakmi itu saat panas. Lebih nyamleng.


Saya sendiri coba menikmati seporsi bakmi godhognya. Dan setelah nyaris menunggu 10 menit rasanya setahun, karena banyaknya antrian pengunjung saat itu (maklum lah pas setelah buka puasa), akhirnya saya bisa menyeruput kuah bakmi godhog khas Jogja ini. Kuah bakmi ini yang gurih dan manis memang sangat nikmat bila disruput saat panas, di samping segar dan pedasnya bikin saya jadi banjir keringatan (maklum tipikal melayu, hehehe). Rasanya Bro and Sis, jangan tanya dah.... Ruarrrrr biasssah! (dan saya pasti bilang Anda bakalan nyesel bila nggak ngerasain masakan bakmi ini. Intinya Anda bukanlah seorang bakmi-mania sebelum merasakan masakan Bakmi Djogja ini).

Kalau mau saya kasih skor dari 1 s/d 10, maka Bakmi Khas Jogja Kemang Pratama Bekasi ini mendapat skor penilaian 9. Artinya masakan istimewa yang harus dicoba! Tak banyak saya berkomentar, bila Anda menikmati masakan bakminya panas-panas baik yang godhogan maupun yang goreng, maka dijamin keluar keringat dan seolah mendapat suntikan energi ajaib. Hehehe...! Gak becanda!

Tertarik untuk memesan tempat dan merasakan nikmatnya bakmi khas Jogja ini? Atau bila Anda ingin juga sekadar berbincang-bincang dengan sang pengelola sekaligus pemilik usaha Bakmi Jogja Lestari Rahayu, bisa bertemu dengan Pak Joni. Lelaki yang selalu ramah tersenyum ini selalu menyediaka waktu untuk diajak sekadar kongkow-kongkow, bukan hanya membahas masalah bakmi Jogja yang begitu fasihnya dia ceritakan. Tanyakan hal lain, pastinya dia akan memberikan masukan layaknya seorang teman. Setidaknya itulah yang saya rasakan saat bertemu dan berbincang-bincang dengan pak Joni. Dan lebih hebat lagi setelah saya beberapa kali kunjungan akhirnya saya berjumpa dengan sang pemilik usaha langsung Ony Ispriyanto.

Bagi Anda yang mau menikmati malam bersama mitra Anda dan kebetulan tinggal di daerah Kemang serta ingin sekali merasakan nuansa khas Jogja, silakan datang ke Bakmi Djogja Lestari Rahayu Kemang Pratama. Setidaknya itulah yang diutarakan oleh mas Ony kepada kelanakuliner.com "Kami hanya mencoba melakukan sesuatu yang berarti kepada orang-orang di sekitar kami, dengan menyediakan tempat untuk berbicara bebas masalah bisnis, politik, atau masalah lainnya," jelas mas Ony.

"Setidaknya Warung Bakmi Djogja menyediakan ruang publik untuk berpolitik bagi pengunjungnya untuk bersantai, bertemu kolega, meluangkan waktu bersama keluarga atau bahkan bisa juga untuk berpacaran dan lain-lain, sambil menikmati hangatnya sajian kami" imbuh mas Ony sambil sesekali berfilsafat. Berbicara dengan mas Ony, tak terasa bila jam merambat menjelang jam 12 malam. Sepertinya saya terlalu asyik bertukar pikiran serta berdiskusi dengannya.

Andapun bisa berkesempatan mendapatkan suasana serupa bila berjumpa dengan sang pemilik, karena begitulah yang sekaku dijanjikan pemilik demi kepuasan para pelanggannya.Menyeruput wedangan khas Bakmi Djogja baik berupa wedang jahe, nasgitel atau lainnya yang pas banget buat temen ngobrol bersama teman atau pasangan termasuk keluarga Anda, pasti akan jadi pengalaman yang menyenangkan menghabiskan malam di Kemang Pratama. Silakan Anda buktikan sendiri.


 45KN3x 
BAKMI DJOGJA

BAKMI GORENG
Disajikan panas, terasa enak dan hangat.
Berisi bakmi, ayam, telor, dan sayuran.
Rp 10.000, -

BAKMI GODHOG
Bakmi rebus, cocok untuk menghangatkan badan.
Bakmi putih atau kuning dengan ayam, telor, dan sayuran
Bisa ditambahkan dengan irisan cabe, segar, panas dan pedas
Rp 10.000, -

NASI GORENG
Nasi digoreng dengan ditambahkan ayam, telor dan sayuran
Rp 10.000, -

MAGELANGAN
Nasi goreng dengan campuran bakmi.
Rasa istimewa nasi dan bakmi dalam satu piring
Rp 10.000, -

TAMBAHAN ISTIMEWA
Ati ampela, Uritan, Brutu
Balungan, Sayap, Endas gulu
Telor bebek
@ Rp 5.000,-

Sugeng dhahar, Matur nuwun rawuhipun.
Mugi tansah enak lan jenak
“Selamat makan. Terima kasih atas kunjungan anda”

Pesan antar: 9890 3045, 8241 4778
E-mail: bakmi_rahayu@yahoo.com
Kemang Pratama I Blok O No. 1


Dik Rizal - dobeldobel.com

4 comments:

Bakmi Jogja mengatakan...

Bakmi khas dari Jogja yang rasanya sangat lezat, terbuat dari mie basah dan bihun, potongan kasar kubis (kol) serta tomat dengan suwiran ayam kampung. Dengan topping bawang goreng dan irisan daun seledri, mampu membuat para penikmat menjadi kesengsem dan ketagihan.

Yang membuat khas rasa dari panganan ini adalah cara memasaknya, yaitu dengan menggunakan tungku khas Jogja (anglo) dengan menggunakan bara arang kayu. Nah citra rasa ini tidak bisa tergantikan apabila cara memasaknya menggunakan media lain seperti kompor minyak maupun gas, apalagi menggunakan kompor listrik.... sungguh berbeda. Lha...dengan tungku menggunakan kipas manual maupun dengan kipas angin saja berbeda rasanya.....

Bakmi ini bisa dibuat dengan tiga menu, yaitu: mie godhog dengan kuah dari kaldu ayam kampung, mie goreng dan magelangan (campuran antara mie dan nasi)

Ditori mengatakan...

BAKMI JOGJA "JAPE METHE" Jilid 1
Jl. Raya Pasar Minggu Km. 17
(depan BCA pasar Minggu, sebrang komplek POMAD Kalibata)
Kalibata, Jakarta Selatan

Citarasa khas hidangan Jogjakarta selalu dirindukan oleh mereka yang pernah tinggal di Kota Gudeg.
BAKMI JOGJA "JAPE METHE" Jilid 3
House of Shafa
Jl. Tebet Timur Dalam Raya 56
Tebet, Jakarta Selatan

Citarasa khas hidangan Jogjakarta selalu dirindukan oleh mereka yang pernah tinggal di Kota Gudeg.
BAKMI JOGJA "JAPE METHE" Jilid 9
Kav. Agraria (Sebelah timur swalayan Tomang Tol)
Jl. Raya Kalimalang
Kalimalang, Jakarta Timur

Citarasa khas hidangan Jogjakarta selalu dirindukan oleh mereka yang pernah tinggal di Kota Gudeg.
BAKMI JOGJA "JAPE METHE" Jilid 5
Jl. Pemuda No. 29
Rawamangun, Jakarta Timur

* 021.7105.4751
* 0811.860.695

Citarasa khas hidangan Jogjakarta selalu dirindukan oleh mereka yang pernah tinggal di Kota Gudeg.
BAKMI JOGJA "JAPE METHE" Jilid 2
Warung Tenda Pasar Modern Bumi Serpong Damai City
Serpong, Tangerang

* 021.6887.8407

Citarasa khas hidangan Jogjakarta selalu dirindukan oleh mereka yang pernah tinggal di Kota Gudeg.
BAKMI JOGJA "JAPE METHE" Jilid 6
Jl. Raya Serpong Km. 7
Serpong, Tangerang

* 021.6887.8407

Citarasa khas hidangan Jogjakarta selalu dirindukan oleh mereka yang pernah tinggal di Kota Gudeg.

Bakmi Jogja Jaksel mengatakan...

Bumbu Bakmi Jogja

Diolah dari bahan-bahan alami, tanpa pengawet dan dimasak secara tradisional dengan resep warisan dari nenek moyang.

Sajian kami pun lengkap,mulai dari
Bakmi Godhok Rp. 13.000
Bakmi Goreng Rp. 13.000
Nasi Goreng Rp. 13.000
Nasi Ruwet Rp. 13.000
Ronde Rp. 7.500
Pisang Goreng

Izark's Note mengatakan...

Bakmi Jogja – Jl Bengawan no 83 Pilihan kulinernya bandung emang banyak. yang satu ini termasuk jarang~ resto murah meriah dengan porsi agak lumayan yang letaknya di tengah kota banget. gampang dicapai dari mana mana dan bisa makai apa saja untuk kesini~ motor bisa, mobil bisa, dan angkutan umum juga bisa (walaupun habis itu perlu jalan kaki sedikit)

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger