English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , » Ayam Bakar Madu Ibu Kris Taman Kuliner: Es Chrystalnya Mengenyangkan

Ayam Bakar Madu Ibu Kris Taman Kuliner: Es Chrystalnya Mengenyangkan

Written By RizalAbubakar Sidik on Minggu, 02 Agustus 2009 | 02.25

Bumbunya Meresap ke Dalam Daging
Ayam Bakar Madu Bu Kris
Es Chrystal, Es Mutiara, Es Kacang Merah


Durensawit-Kalimalang, kelanakuliner.com
Saat di tengah perjalanan dan berada dalam kemacetan melewati jalur Kalimalang mulai dari Cawang hingga ujung Bekasi, maka Anda tak akan kuatir kehilangan kesempatan untuk berbuka puasa atau makan siang maupun makan malam. Bahkan ada beberapa tempat yang menyediakan menu makanan untuk sahur. Semuanya ada di jalur nan padat bila siang hari terutama padaa saat jam trayek sibuk, yakni jam pulang pergi kerja & sekolah.

Kali ini saya dan beberapa rekan menempuh jalur Kalimalang dengan berkendaraaan roda empat. Di dalam mobil di jam orang pulang kerja, maka akan terasa betapa "guwondok"nya dengan kemacetan hampir di tiap pertigaan yang kami temui di sepanjang jalan itu. Karena sudah tak ada waktu lagi buka puasa di rumah, saya jadi teringat dengan satu kunjungan saya di wilayah seputaran Durensawit Kalimalang itu.

Taman Kuliner sebagai pilihan kami untuk berbuka puasa. Ya Taman kuliner pernah saya tulis pada waktu sebelumnya, termasuk Bakmi Pelangi di Taman Kuliner (kebetulan baru satu itu saja yang pernah saya tulis dan rasakan menu sajiannya). Kami pun sepakat untuk mampir di tempat yang mempunyai lahan parkir lumayan luas.
Baru menjelang 2 jam berbuka saja, Taman Kuliner sudah nyaris ramai dengan kendaraan roda empat dan roda dua.Weleh-weleh, rame juga pujasera kuliner satu ini. Pantes lah kalau Mr Kuliner senior saya, pak Bondan Winarno mengirim utusannya untuk mencari keistimewaan makanan di tempat ini.

Karena pernah berkunjung sebelumnya dan bertemu dengan sang pengelola, General Manager Taman Kuliner, pak Chandra, maka saya pun minta informasinya dari dia, tempat mana seh yang menunya paling laku untuk kami coba. Memang ada dua niat kami... satu untuk berbuka puasa, satu lagi buat bahan tulisan saya.
Pak Chandra pun merekomendasikan satu outlet yang beberapa bulan yang lalu pernah dikunjungi oleh Bondan Winarno (Mr. BW), dan tentunya omzetnya sangat tinggi.Dia merekomendasikan Ayam Bakar Madu Bu Kris. Wah kebetulan deh udah lama nggak nyobain ayam bakar. Apa istimewanya pun kami disuruh langsung menghubungi outlet bu Kris.

Ibu Kris yang sebenarnya bernama Lenny ini menerima kami dan menawarkan minuman berbuka yang paling diminati para pelanggannya. Es Chrystal serta Es Mutiara, dan satu lagi Es Kacang Merah. Mau tahu keunikan minuman segar manis favorit itu? Ternyata bahan dasarnya adalah rumput laut. Hah? (Apa istimewanya sih om?)

Istimewanya adalah butiran-butiran jelly berbahan dasar rumput laut yang dibuat sedemikian rupa berbentuk butiran-butiran mutiara dan bentuk lainnya seperti telur puyuh. Hmmm ini yang bikin saya jadi tambah ngiler dan pengen tahu (hehehe saking nafsunya jadi "pengen" bukan lagi "ingin").

Dari beragam bentuk itu, Es Chrystal (baca: kristal), ada potongan buah seperti nanas, air mata kucing (orang Jawa bilang: selasih). Bahkan kalau Anda lagi beruntung mungkin ada potongan buah-buahan yang lain.

Untuk Es Mutiara juga nggak beda jauh dengan Es Chrystal, tapi butirannya lebih kecil dan potongan buahnya juga lebih kecil. Setiap butiran mempunyai bermacam-macam rasa seperti Lychee, Orange, Strawberry dan sari buah lainnya.

Sedangkan untuk Es Kacang Merah, nah yang ini paling unik, karena ternyata kacang merahnya justru home made, yakni rumput laut yang dibentuk seperti kacang merah dan diberi pewarna madu asli. Bisa kebayang kan rasa manis kacang merahnya kayak apa? Hmmmmmm maknyussss! (bukan kata gue loh, tapi si Mr BW.... kalo gue mah bilang "Aajiiiib!")

Untuk ukuran porsinya, baik Es Mutiara, Es Chrystal dan Es kacang Merah, wah sangat luar biasa. Gimana enggak, dengan harga Rp. 10.000,- dibandrol, kita mendapat menu buka puasa es seukuran porsi untuk dua orang. Romantis banget neh.... (kecuali dikonsumsi sendiri, yah kuwenyang banget deh!) Memang bila Anda berencana buka puasa dengan pasangan, bisa memesan satu porsi dan dinikmati berdua dengan pasangan Anda... dijamin Anda bisa menikmati sajian utama berbuaka, yakni Ayam Bakar Madunya.

Menurut ibu Lenny, istri dari pak Kris Sutedja ini, sebelumnya mereka telah mencoba usaha rumah makan dan kantin mulai dari tahun 1996. Wow...! Berarti sudah 13 tahun dong ya!? Ibu dari 3 orang anak dan nenek dari 2 orang cucu ini mengungkapkan bahwa sejak tahun itu, ia telah buka kantin di BCA Sudirman, kemudian pindah ke Mall Ambassador Kuningan, Food Courtnya lantai 6. Karena masalah usia, maka mereka kini memilih lokasi dekat dengan rumah mereka yang ada di Billy Moon, yakni Taman Kuliner Kalimalang.

Rahasia dari Ayam Bakar Madu olahan Bu Kris ini adalah, daging ayam pilihan (biasanya dada) diungkeb dengan beberapa rempah seperti bawang merah bawang putih dan bumbu lainnya. Yang istimewanya, ungkap Bu Kris kepada kelanakuliner.com adalah madu rahasianya yang telah dia kenal sejak 30 tahun yang lalu. Madu import dari negeri Cina ini, memang mempunyai khasiat tersendiri.

Ayam Bakar Madu bu Kris ini akhirnya jadi pelopor makanan bakaran daging berbumbu madu. Setelah beberapa tahun maka bermunculan lah Ayam Bakar MAdu lainnya, yang ternyata bukan cabang dari Ayam Bakar Madu bu Kris. Ia sendiri tak merasa keberatan dengan menu-menu serupa dan peniru itu. Toh banyak pelanggannya yang datang kembali ke Taman Kuliner dan memilih Ayam Bakar Madunya yang lebih "gimana gettuh!" dibanding menu mereka itu...!

Satu paket Ayam Bakar Madu dengan Sayur Asem dibandrol Rp. 22.000,- dan yang ini pastinya sedap serta bikin kita puas setelah puasa seharian. Untuk Ayam Bakar Madu plus nasi dan Tempe Bacem Madu hanya Rp. 15.000 sedangkan Ayam Bakar Madu solo (maksud gue "tunggal" alias sendirian, bukan "Solo" nama kota Bro and Sis) cuma dipatok Rp. 12.000,-

Pokoknya kalo elu-elu pade mau ngerasain enaknya Ayam Bakar Madu yang bukan hanya Maknyuss dan lezat hingga ke dalam dagingnya itu, serta sekalian berbuka puasa dengan Es Chrystal, Es Mutiara atau Es Kacang Merah yang istimewa dan tentunya dengan suasana yang nyaman serta cozy, kunjungi saja Taman Kuliner dan temui Ayam bakar Madu Ibu Kris. Buruan, karena saat bualn puasa ini cepat sekali pengunjung yang ngejogrog di tempat itu sejam dua jam sebelum bedug, karena Taman Kuliner memang tempat yang enak buat Ngabuburit...! Pasti!
Atau mau sekadar reservasi tempat biar nggak keburu diserobot orang atau nggak kebagian Ayam Bakar Madunya? Telp saja (021)9157.9407 langsung dengan Bu Kris.

Reportase: Sidik Rizal, Indra
Fotografi: Yudhi
Editor: SR

3 comments:

Anonymous mengatakan...

Gile pas buka puasa di Ayam Bakar Madu Ibu Kris rame banget yang antri.... wah kayaknya semua pada kesengsem sama ayam bakar madu neh!!!!! Nyobain satu aaaaaaaafhfhghahfgha

www.dobeldobel.co.cc mengatakan...

Dalam sebulan saja omzetnya AYAM BAKAR MADU BU KRIS bisa mencapai 60 s/d 70 porsi per hari. Khususnya di bulan puasa ini.... Wah selama 7 hari terakhir ini bahkan Bu Kris sendiri sampai pusing-pusing kepalanya menangani order yang membludak saat menjelang buka puasa!!!

Saya sendiri melihat pada 3 hari terakhir, betapa kewalahannya pasangan suami istri, pak Kris Sutedja dan bu Lenny ini melayani pelanggan yang rata-rata anak muda dan tahu makanan favorit di Taman Kuliner... Saya ngerasain juga ayam bakar madunya... hmmmm tadinya mau saya bawa pulang... tapi udah nggak tahan menunggu menu buka, setelah antri nunggu dilayani sama Bu Kris sendiri... Busyet rame beud antriannya! Nyaris nggak dilayani... sampe kapiran! istilahnya Bu Kris melihat saya belum dpt makan buka puasa, walupun sudah minum air mineral dan tajilan.... hehehehe kasiman beud yah gue?

Anonymous mengatakan...

wah....gud recomendeddd neh gan !!!! gw udh nyobain es crstaLnya ama es kacangnya !!!! AJIB ! bagi luw smua yg mw nyobain es murah tP buanyakkkkkkk.....di sindang tmptnya bro !!!

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger