English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Home » , » RAWON SETAN Surabaya Mbak Endang bertemu Pecel Bidadari

RAWON SETAN Surabaya Mbak Endang bertemu Pecel Bidadari

Written By RizalAbubakar Sidik on Rabu, 29 Juli 2009 | 08.02

Lebih Dahulukan KUALITAS Rasa dibandingkan KEUNTUNGAN Sesaat
Rawon Setan & Pecel Bidadari


Cibubur, kelanakuliner.com
Menyusuri jalan sepanjang Cibubur hingga Cileungsi maka Anda akan temui banyak tempat jajanan wisata kuliner. Mulai dari makanan ringan hingga makanan yang unik membangun rasa lapar karena melihatnya saja. Dan hal inilah yang saya dapatkan dari sebuah resto sederhana dengan waralaba lumayan banyak di Jabodetabek (15 outlet) dengan menjajakan makanan khas Surabaya, yakni Rawon Setan.

Dan saya pun disambut oleh sang manajer cabang yang bernama Martin. Lelaki berpenampilan rapih ini bukan saja menyambut saya dengan senyum tapi langsung meminta karyawannya mengambilkan minum setelah saya memperkenalkan diri sebagai wartawan kuliner (halah ngaku-ngaku gue... hehehehe). Pada awalnya dia merekomendasi untuk menghubungi kantor pusat yang berada di Mangga Besar dan bertemu dengan sang pemilik warlaba Rawon Setan, Jack Bernard. Warga keturunan Belanda yang beragama Islam dan kelahiran Surabaya sekaligus penemu rahasia menu masakan khas Rawon Setan yang terkenal itu.

Pembicaraan kami adalah tentang beberapa masalah yang terjadi dan menimpa di cabang-cabang di wilayah Kelapa Gading, dimana karena kesalahan dan kelalaian pembeli waralaba (franchisee) demi keuntungan mereka telah mengurangi takaran bumbu Rawon Setan, sehingga Rawon Setan cabang Kelapa Gading mendapt cap miring. Dengan diplomatis, Martin menjelaskan, bahwa takaran bumbu yang didatangkan dari pusat sudah menjadi kualitas standard yang wajib diikuti dan tak boleh ditambah atau dikurangi.

Bila ada pemegang waralaba yang berbuat dengan sengaja melakukan hal seperti itu maka dia akan menanggung akibat kehilangan pelanggan dan tentunya ini berdampak sangat besar bagi Rawon Setan secara keseluruhan. Kualitas serta nama baik Rawon Setan dipertaruhkan, ujar lelaki manajer yang kini memegang dua cabang sekaligus, Cibubur Junction dan dekat Kota Wisata.

Masalah kualitas ini pun membuat segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan dan menu selalu harus dibawa ke pusat yang di Mangga Besar, tambah Martin. Misalnya saat kami membuat Jus Buah yang ada di tempat kami ini harus dengan persetujuan pusat dan diuji oleh Jack Bernard sendiri selaku pemilik waralaba. Termasuk krupuk yang diletakkan di restoran kami, tegas Martin, "Kerupuk pun harus diuji rasa oleh kantor pusat atau oleh pak Jack Bernard langsung".

Jangan heran bila Anda mencari minuman Cocacola, maka tak akan Anda jumpai, kecuali segala minuman produksi Teh Sosro. Hal ini sudah merupakan bagian kepentingan bisnis yang wajar. Tapi biar begitu saya lebih memfokuskan rasa Rawon Setan yang konon katanya super pedas. Saya pun melihat ada beberapa pelanggan yang memesan Pecel Bidadari (Wah mungkin ini lawannya Rawon Setan kali yah... dari tampilannya yang unik saya menduga pasti rasanya tak sepedas Rawon Setan).

Mau tahu apa yang membuat saya terkejut? Ternyata Rawon Setan Mbak Endang, ini tidaklah seperti dugaan saya bahwa rawon akan disajikan langsung campur dengan sambel super pedas. Pada kenyataan yang ada di meja saya adalah rawon berwarna kehitaman dengan bau wangi mengudang air liur saya tumpah namun sambelnya terpisah. Sang manajer, Martin memberi tahu saya hal ini dilakukan karena tidak semua pelanggan menyukai rasa pedasnya, so... sambel silahkan menuang sesuai selera dan daya tahan pedas kita.

Saya pun langsung menuang 2 sendok teh sambel Rawon Setan, karena saya benar-benar penasaran mau merasakan pedasnya sang Rawon penghuni neraka ini (hehehehe... asal gue nggak makan daging setan aja!). Dan ternyata... hualahhhh puweddessnya ngepol. Karena nggak kuat, saya pisahkan sambelnya, dan saya mencoba mencicipi daging sapi rawon tanpa sambel... hmmmmm lumayan sedap rasanya. Memang daging sapinya sedikit lebih alot ketika saya potong dengan sendok dan garpu. Tapi saat saya kunyah, luayan empuk lah. Sayang nasi dan rawonnya sudah tercampur, jadi tak bisa saya minta bungkus dan bawa pulang. Sayang! (hehehehe mumpung bisa bawain buat keluarga tercinta dan mencicipi masakan super unik dan enak ini, selain saya butuh second opinion dari keluarga).

Sayang saya nggak sempat merasakan Pecel Bidadari, tapi menurut Martin, bahwa pembeli Pecel Bidadari adalah biasanya pelanmggan lama yang ingin mencoba masakan lain selain Rawon Setan. So pelanggan setia yang kembali.... hmmmmm suatu hal yang impresif buat saya. Bolehlah!

Lalu apa ukuran yang bisa saya bisa berikan buat rasa menu masakan Rawon Setan cabang Mbak Endang ini? Saya hanya bisa memberikan 3 bintang saja, dengan rasa dan harganya pun lumayan pantas buat rawon daging sapi yang punya puluhan cabang di Indonesia ini. Ini artinya recommended lah buat para pencinta kuliner tradisional.

Bila Anda tinggal di Cibubur lalu mau pesan atau mampir bisa hubungi (021) 845.99224 Jl. Raya Alternatif Cibubur (depan Toyota) atau di Food Court Cibubur Junction.

Sidik Rizal - dobeldobel.com

4 comments:

Carpe Diem mengatakan...

Sampai ditujuan, tidak terlihat antrian … alhamdulillah …
Memasuki ruko terlihat berbagai foto seleb yang pernah merasakan kenikmatan “rawon setan”, mulai dari Dian Sastro, Moreno, Audi, hingg guruh sukarno dan yang lainnya.Ternyata, rawon setan ini telah membuka cabang di beberapa kota termasuk jakarta dan bandung.

Langsung pesan Nasi Rawon + es jeruk. disuguhkan dengan pernik yang berlabel “Nasi Rawon mbak Endang” mulai gelas, tempat tisu, piring.

Harganya : tidak lebih dari 20rb
Rasanya : hmmm ….. lumayan …. (kayaknya ada rasa yang kelebihan)

karena sudah merasakan rawon yang lebih maknyuss : Nasi Rawon “Nguling” – Probolinggo Jawa Timur dan Nasi Rawon “Stasiun” – Mojokerto Jawa Timur.

selamat mencoba!!.
(ternyata selera artis .. cuman segitu ajah… he he he..)

Mbatera... Blogs Sederhana mengatakan...

Ahakakaka.. posting ini khusus buat yang suka makan dan mau explor kuliner Indonesia. Nama resto-nya Rawon Setan ‘Mba Endang Surabaya’ di daerah Casablanca (kalao dari arah Ambasador menuju kp melayu ada di sebelah kiri sebelum pizza hut).

Harga-nya ya.. worthed lah sama rasanya. Apalagi yang Iga.. yummy.

Admonike mengatakan...

Kata seorang teman, yang lagi beken di surabaya nih Rawon Setan. Kenapa disebut setan.. soalnya jualnya mulai tengah malam.

Tadinya sih segan juga coba, masak tengah malam makan nasi rawon. Tapi karena lokasinya ada di depan hotel kami menginap; jadi dengan tekad baja melawan kantuk, berhasilah mencoba rawon tersebut.

Yang engga disangka adalah tengah malam gitu, yang makan banyak dan kebanyakan mereka yang membawa mobil. Mungkin cuman kami yang jalan kaki nyebrang jalanan. Tempatnya sebetulnya lumayan besar, berada di emper jalanan. Cuman ya itu, karena malam2 dan sebetulnya sleepy juga, makanya selese makan baru sadar – kok engga ada telur asin temennya rawon. (mungkin aza harus minta sih..)

Ridho mengatakan...

Hidangan khas Surabaya ini memang cukup menarik untuk dicoba. Cabang-cabang resto ini juga cukup banyak, sementara harga yang ditawarkan cukup kompetitif. Jika anda melintasi kawasan Kembangan, Jakarta Barat, jangan lupa mampir ke resto ‘Rawon Setan’. Lokasinya cukup strategis dengan ruangan yang tertata rapi dan bersih. Coba anda pesan Nasi Rawon yang menggugah selera dan anda hanya perlu membayar Rp.15 ribu. Sementara satu porsi rawon hanya Rp. 20 ribu. Di resto ini banyak pilihan menu yang bisa anda nikmati. Sementara untuk minuman, banyak pilihan untuk anda coba. Penasaran ingin menyantap hidangan ala ‘Rawon Setan’ ? Silahkan luangkan waktu anda untuk makan malam, selamat mencoba.

List Harga : Nasi Rawon (Rp. 15 ribu), Rawon Pisah (Rp. 20 ribu), Rawon Iga (Rp.30 ribu), Nasi Osek (Rp. 20 ribu), Nasi Krengsengan (Rp. 15 ribu), Krengsengan (Rp. 20 ribu), Nasi Campur (Rp. 15 ribu), Aneka Minuman Soft Drink dan Teh Manis dan Jus.

Weblink Terkait Dengan Profil Usaha

BeritaTerkini

Follow by Email

FORMULIR MITRA WARALABA

Klik di sini untuk pengisian formulir kemitraan usaha waralaba

Chat Box dengan Kami

Popular Posts

 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. . profil usaha . - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger