Pastel Daeng, Jajanan Khas di Pinggiran Bekasi


Tahu Fantasi
dan Jalangkote
ala Bekasi


Bekasi, dobeldobel.com
Siapa yang tak kenal dengan pastel ala Makassar yang biasa disebut Jalangkote (biasanya hanya orang yang pernah ke Sulawesi Selatan saja atau tinggal dan asli dari sana tahu makanan ringan-berat ini). Kini kita bisa dapati di Bekasi, tepatnya perbatasan antara Jakarta Timur dan Bekasi Barat, di sebuah perumahan menengah atas, ada sebuah rumah yang menjual Pastel Daeng dan Tahu Fantasi.

Sebenarnya di tempat ini juga akan dijual makanan-makanan khas Makassar, dan itupun bermula dari sat bulan puasa tahun 2008 lalu, dimana bila menjelang maghrib, maka banyak orang di lingkungan yang "ngabuburit" mencari penganan untuk berbuka puasa. Usaha di depan pekarangan halaman rumah ini ternyata banyak juga peminatnya. Maka pasangan suami istri penghuni rumah yang dekat dengan rumah kediaman beberapa caleg DPRD Kota Bekasi ini mulai serius untuk memproduksi makanan dan masakan khas Makassar. Namun karena tinggal di daerah pinggiran Kota Bekasi, untuk memberi sentuhan khas Bekasi, ia memberi nama PASTEL DAENG dan TAHU FANTASI.

Masalah rasa jangan diragukan lagi, dobeldobel dot com saat mencicipi 6 potong, (masing-masing 3 karena kami berdua saat interviunya), memang rasanya di lidah tak hilang hingga 2 jam setelah pergi pulang. Mungki inilah ciri khas masakan tersebut. Pastel Daeng yg komposisinya terdiri dari Kentang,Wortel , daging ayam, telur ayam dan Ubi dimakan dengan perpaduan sambel khusus manis, pedas, asam, ditambah harumnya wangi bawang putih menambah nikmat rasanya.

Rasa gurih dan garing khasnya pastel memang beda dari pastel yang pernah saya rasakan sebelumnya. Karena proses pembuatannya setelah jadi adonan yang sudah berbentuk dan berisi, kemudian dimasak setengah matang. Baru kemudian ditiriskan dan dimasukkan ke dalam freezer. Apabila hendak dijual dan dikonsumsi barulah ia digoreng dengan minyak panas dan disajikan setelah beberapa menit dengan saus asam manis gurih (seperti kuah pempek Palembang). Dan apa yang membuat kita puas menikmati adalah karena ukurannya yang relatif lebih besar dari pastel kebanyakan dan GARINGnya... (wah kalo mau diiklanin pasti iklannya garing banget, sama garingnya dengan mood gue waktu nulis liputan kuliner sekarang ini... hehehehe!)

Demikian pula dengan Tahu Fantasi, yang diolah dengan mencampur beberapa bumbu rahasia dan cincangan daging ayam serta telur, kemudian adonan tahu diblender dan dikukus lalu didinginkan dan siap untuk digoreng dengan minyak panas. Penganan setengah ringan dan berat ini sangat nikmat bila dimakan panas-panas. Namun seandainya anda suka untuk didinginkan dulu, jangan lupa menyelipkan cabe rawit atau kuah saus yang sama untuk Pastel Daengnya.

Harganya pun relatif murah, sepotong TAHU FANTASI atau PASTEL DAENG@ Rp.2.000,- untuk pemesanan minimal 10 potong anda hanya merogoh Rp. 20.000,- baik untuk Tahu Fantasi atau Pastel Daeng untuk wilayah Bekasi Barat.

Sedangkan untuk pemesanan dan dikirimkan atau diantar ke tempat di sekitar Jabotabek buat pesta dan acara apa saja, maka minimal pemesanan 100 potong, dengan biaya pengiriman bisa dinegosiasikan via telepon sesuai dengandari jumlah pemesanan.

Bila anda penyuka jajanan khas Makassar dengan sentuhan daerah Kota Bekasi, maka anda bisa pesan melalui telp. berikut ini: 0815.9037.546 atau 021.480.2147 atau 021.3275.2286 maka pesanan akan diantarkan ke tempat.

Dengan harganya yang relatif murah, maka gak akan nyesel menikmati makanan khas Sulawesi ini langsung di tempat anda hangat-hangat.

Sidik Rizal & Dian PP
-------------------------------------------------------------------
Sumber terkait: Jajanan Pasar Khas Makassar

PASTEL DAENG adalah Kudapan khas berasal dari Ujung Pandang (Makasar) yang merupakan salah satu kudapan yang ada di BEKASI BARAT, khususnya kami berada di Perumahan Harapan Baru Regency Blok D1 no:11 , Kota Baru, Bekasi- Barat.
Apa bila anda ingin mencoba nya, silahkan anda bisa hubungi kami di Hp. 0815.9037.546 atau Flexi: 327.522.86 .
Kami juga melayani pemesanan untuk Arisan, pesta, Ulang Tahun, Meeting dll.
Atau Anda dapat mengunjungi di Outlet kami langsung , di depan mini market Indomaret Pulo Gebang Permai 1 Jakarta Timur, atau di depan RUKO mini Market Saroja di perumahan Taman Modern Jakarta Timur.
Berminat Jajanan Khas Makasar (Jalangkote), atau Tahu Fantasi ?
----------------------------------------------------------------------------
Sumber Terkait: Pastel Daeng

Kami juga menyajikan TAHU FANTASI adalah Makanan lezat terbuat dari bahan dasar TAHU pilihan dan diolah khusus dengan campuran daging ayam, wortel serta bahan pelezat lainnya yang terpenting kami jamin halal 100%.

Anda bisa pandang pada gambarnya yang cukup menggiurkan...apa lagi dimakan dengan cabe rawit, dan dapat juga dimakan dengan saos khusus yang kami buat , saos khusus tersebut rasanya manis, asam, pedas dan wangi akan garlic (bawang putih) sebagai penyedapnya.
Anda jadi terasa lapar kan..? Silahkan Anda mencobanya....
PASTEL DAENG adalah Kudapan khas berasal dari Ujung Pandang (Makasar) yang merupakan salah satu kudapan yang ada di BEKASI BARAT, khususnya kami berada di Perumahan Harapan Baru Regency Blok D1 no:11 , Kota Baru, Bekasi- Barat.

Apa bila anda ingin mencobanya, silahkan anda bisa hubungi kami di Hp. 0815.9037.546 atau Flexi: 327.522.86 .

Juga melayani pemesanan untuk Arisan, pesta, Ulang Tahun, Meeting dll.
Atau Anda dapat mengunjungi di Outlet kami langsung , di depan mini market Indomaret Pulo Gebang Permai 1 Jakarta Timur, atau di depan RUKO mini Market Saroja, di perumahan Taman Modern Jakarta-Timur.

2 Komentar

Silakan Anda memberi komentar sebebasnya sepanjang tidak menyangkut masalah SARA dan pornografi serta kekerasan. Harap menggunakan kata-kata yang bijak dan efektif serta bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama